Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 29 September 2021 | 22:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Siapa sangka jika ternyata 5 merek HP ini ternyata asli buatan Indonesia. Beberapa di antara Merek HP Buatan Indonesia bahkan sudah mendunia lho.

Jika berbicara tentang merek HP terkenal saat ini, mungkin sebagian besar dari kamu akan menjawab Xiaomi hingga Realme.

Wajar saja, ponsel-ponsel buatan China memang kian digemari. Sebab selain menawarkan harga yang relatif murah, smartphone buatan China punya stok lebih banyak.

Namun yang tidak kamu ketahui, merek HP buatan Indonesia juga tak kalah keren lho. Yup, Indonesia juga punya merek HP hasil produksi sendiri.

Sejauh ini, sudah ada beberapa merek yang mungkin sebagian masyarakat Indonesia belum tau kalau itu adalah merek hp lokal. Nah, buat kamu yang penasaran langsung simak saja.

Inilah 5 merek HP buatan Indonesia yang tak banyak orang tahu:

Evercoss

Review Evercoss Tera S6. (HiTekno.com)

Cross Mobile ini adalah salah satu pabrikan smartphone asal Indonesia yang cukup eksis. Meski belakangan ini sedikit meredup.

Beberapa produk smartphone buatan pabrikan satu ini adalah Evercoss Winner Series dan Evercoss Elevate Series

Meski demikian, tak semua bagian dari smartphone ini adalah buatan Indonesia. Ada beberapa hardware yang ternyata diproduksi di luar Indonesia, biasanya China.

Mito

Mito Z5. (Mito)

Merek ini bisa dibilang yang tertua dalam memproduksi Smartphone. Mito mulai berdiri sejak 2006 yang lalu dan konsisten merilis produknya.

Nama mito awalnya dikira sebagai merek smartphone China, namun ternyata dari Indonesia. Apalagi dengan produknya yang kebanyakan di kelas bawah dengan harga miring.

Mito dulu sering memakai artis ternama untuk mempromosikan produknya, dari Raffi Ahmad hingga Deddy Corbuzier pernah jadi bintang iklannya.

Advan

Advan G9. (Advan)

Jika berbicara tentang HP buatan Indonesia, tentu saja tidak afdol jika tidak memasukkan merek Advan di dalamnya.

Advan juga menjadi salah satu perusahaan teknologi asli Indonesia yang masih cukup aktif memproduksi ponsel-ponsel terbaru khas mereka.

Bahkan beberapa di antaranya, masuk ke dalam rekomendasi tim Hitekno.com ketika kamu memerlukan informasi HP murah dengan spesifikasi lumayan.

Polytron

Polytron Prime 7 Pro. (Polytron)

Sejak era 1970-an, Polytron sudah dikenal sebagai pabrikan elektronik ternama asal Indonesia. Pabriknya beroperasi di Kudus.

Akan tetapi belum lama ini, Polytron turun adu peruntungan masuk ke dalam persaingan smartphone.

Pada awal-awal kemunculannya, perusahaan ini cukup aktif merilis seri HP terbaru khas mereka, yang biasanya memiliki bentuk kotak.

Namun akhir-akhir ini, smartphone buatan Polytron sudah sangat sedikit ditemui di pasaran Indonesia.

Axioo

Smartphone tangguh, Axioo Titan. (Axioo)

Nama Axioo lebih dulu dikenal sebagai produsen laptop atau netbook dengan harga terjangkau. Namun kini Axioo merambah ke pasar smartphone.

Tidak tanggung-tanggung, Axioo punya smartphone yang dikhususkan untuk penggemar selfie yaitu M6. Pasar Axioo ada kelas menengah namun harga tetap bersaing.

Namun lagi-lagi, smartphone Indonesia ini makin memudah popularitasnya di tengah gempuran merek asing.

Itulah beberapa merek HP buatan Indonesia yang perlu kamu tahu. Nah sekarang, mau pilih buatan China atau produk dalam negeri nih?

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

12 Rekomendasi Game PC Ringan Buatan Indonesia, Aman di PC Kentang RAM 4 GB