Minggu, 29 Januari 2023
Agung Pratnyawan : Kamis, 16 Desember 2021 | 17:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berikut ini bagaimana cara backup chat WhatsApp dengan mudah untuk mengamankan history percakapan. Juga untuk menyimpan hal-hal penting selama menggunakan layanan chatting ini.

Kamu berencana ingin mengganti HP dan memindahkan aplikasi WhatsApp di HP baru? Namun kamu tidak ingin kehilangan chat yang ada di WhatsApp baik itu chat secara pribadi maupun chat group.

Tak perlu khawatir bisa melakukan back up agar history chat kamu tidak akan hilang meskipun aplikasi WhatsApp ter-reset maupun dipindahkan di HP baru. Namun kamu bingung bagaimana cara backup chat WhatsApp tersebut? Yuk kita simak langkah-langkahnya.

Tidak menutup kemungkinan bahwa chat di WhatsApp berisi berbagai hal yang cukup penting, demi keamanan chat tersebut bisa melakukan backup secara berkala dan hal tersebut dilakukan agar mengantisipasi ketika aplikasi WA tiba-tiba ter-reset secara mendadak dan bisa menyebabkan history chat kamu hilang dan sirna.

Untuk membackup chat WhatsApp kamu bisa menyetting secara otomatis setiap beberapa waktu sekali seperti harian, mingguan dan bulanan.

Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/itechirvan)

Yuk kita simak berikut cara backup chat WhatsApp:

  1. Bukalah aplikasi WhatsApp yang ada di perangkat kamu
  2. Kemudian masuklah ke menu pilihan "setelan" dengan mengklik titik-titik 3 yang ada di pojok kanan atas
  3. Setelah itu pilihlah menu pilihan "chat"
  4. Lalu klik menu pilihan "cadangkan chat" yang ada di bagian bawah
  5. Kemudian klik menu pilihan "cadangkan ke Google Drive"
  6. Kamu akan diberikan lima pilihan untuk melakukan backup chat WhatsApp, jika kamu menginginkan WhatsApp untuk membackup secara otomatis maka kamu bisa memilih pilihan antara "harian", "mingguan" atau "bulanan". Namun jika kamu ingin membackup secara manual kamu bisa klik "hanya ketika saya mengetuk "cadangkan""
  7. Pastikan jangan klik menu pilihan "jangan pernah" karena WhatsApp tidak bisa melakukan back up chat
  8. Kemudian pilihlah akun Gmail yang akan kamu gunakan untuk membackup chat WhatsApp tersebut
  9. Lalu kamu klik menu pilihan "cadangkan melalui" dan pilihlah menu "Wifi atau seluler"
  10. Lalu untuk menu pilihan "sertakan video" menjadi pilihan opsional jika kamu menginginkan untuk membuka video yang ada di chat WhatsApp, jika ingin menyatakan videonya maka guliran lah bulatan tersebut hingga berubah menjadi warna hijau. Namun jika tidak menginginkan membackup video kamu bisa menggulir bulatan sampai menjadi warna abu-abu.
  11. Yang terakhir klik menu pilihan "cadangkan" dibagian atas dengan kolom berwarna hijau 

 

Nah itulah cara backup chat WhatsApp yang bisa kamu lakukan agar melindungi history chat tetap aman meskipun memindahkan aplikasi WhatsApp ke HP baru ataupun mengantisipasi ketika aplikasi tiba-tiba ter-reset dengan sendirinya.

Cukup mudah dipahami bukan? Selamat mencoba cara backup chat WhatsApp di atas.

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

BACA SELANJUTNYA

Pengguna WhatsApp Bakal Bisa Bikin Status Pakai Voice Note