Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 31 Desember 2021 | 18:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - BlackBerry resmi mengumumkan untuk mematikan sistem operasi BlackBerry atau BBOS mulai 4 Januari 2022 mendatang.

Dari keputusan ini, ada beberapa sistem operasi yang terdampak. Yakni BlackBerry 7.1 OS dan versi sebelumnya, BlackBerry 10, serta BlackBerry PlayBook OS 2.1 dan versi sebelumnya.

Dengan begitu, perangkat yang memakai sistem operasi BlackBerry ini tidak bisa menggunakan layanan utama seperti Wifi, data internet, panggilan telepon, SMS, hingga panggilan darurat 911.

"Mulai tanggal ini, perangkat yang menjalankan layanan dan perangkat lunak lama ini melalui operator atau koneksi Wifi tak lagi berfungsi dengan baik, termasuk untuk fungsi data, panggilan telepon, SMS, dan 9-1-1," tulis BlackBerry dalam situs resminya, dikutip Jumat (31/12/2021).

Selain itu, BlackBerry juga mengumumkan kalau pengguna akan mengalami gangguan terkait Wifi dan aplikasi seperti BlackBerry World serta Desktop Manager.

BlackBerry Torch 9810. (Amazon)

Tablet BlackBerry PlayBook juga bakal dimatikan di tanggal yang sama.

Pengumuman ini dinilai tidak terlalu mengejutkan. Sebab, BlackBerry sudah terlebih dulu menutup toko aplikasi dan layanan BlackBerry Messenger (BBM) sejak 2019 lalu, sebagaimana diwartakan Engadget.

Era BlackBerry pelan-pelan selesai ketika Apple dan Google mengumumkan layanan ponsel baru melalui iPhone dan Android.

Perusahaan memang berupaya mengatasi hal ini dengan melisensikan merek mereka, namun semua sia-sia karena sudah terlambat, seperti yang dikatakan Ubergizmo.

Itulah pengumuman dimatikannya sistem operasi BlackBerry pada 4 Januari 2022 mendatang. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Android 14 Disinyalir Siapkan Fitur Ciamik yang Bikin Penasaran