Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 07 Januari 2022 | 18:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sony Indonesia resmi mengenalkan kamera full frame terbaru mereka ya ditujukan untuk para hybrid shooter. Yakni Sony Alpha 7 IV yang dilengkapi dengan sensor 33 megapiksel.

Lebih lanjut, Sony Alpha 7 IV memiliki beberapa teknologi gambar paling canggih dari Sony, termasuk mesin pemrosesan BIONZ XR terbaru dan kemampuan AF (Auto-Focus) terdepan berdasarkan model unggulan Alpha 1.

Sony Alpha 7 IV mendefinisikan ulang tolak ukur yang ditetapkan oleh generasi sebelumnya sebagai kamera serba guna untuk penggemar dan profesional masa kini yang memotret dalam berbagai situasi, berkat pengoperasian yang disederhanakan dan keandalan untuk foto dan video. 

Koji Sekiguchi, President Director PT Sony Indonesia mengatakan, "Alpha 7 IV mengintegrasikan teknologi gambar terbaik dari Sony untuk melampaui ekspektasi kamera full-frame dasar. Alpha 7 IV juga memberikan pengalaman yang luar biasa baik dalam foto maupun video, memungkinkan pengguna untuk memotret dengan tepat gambar yang mereka inginkan, terlepas dari situasi yang mereka hadapi. Dengan sensor gambar Exmor R CMOS terkini yang dikombinasikan dengan mesin pemrosesan terbaru BIONZ XR, Alpha 7 IV memiliki performa pencitraan yang tinggi dan mampu menghasilkan resolusi 33 MP. Selain itu, dengan berbagai fitur untuk mendukung kebutuhan komunikasi jarak jauh yang terus meningkat, Alpha 7 IV memberikan makna baru pada apa yang dapat dicapai oleh kamera 'dasar'."

Ketersediaan dan Harga

Kamera Sony Alpha 7 IV akan hadir di Indonesia pada bulan Januari 2022 dengan harga Rp 36.999.000 untuk varian body only dan Rp 39.999.000 untuk varian dengan lensa kit 28-70mm.

Anda juga bisa mendapatkan Sony Alpha 7 IV melalui pre-order pada tanggal 7 Januari 2022 - 16 Januari 2022. Dengan mengikuti pre-order, Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa paket spesial dengan memory card SF-M64T senilai Rp1.000.000.

Peserta pre-order juga berhak mengikuti program purchase with purchase dengan lensa SEL2470GM, SEL50F12GM, SEL24105G, SEL2470Z, SEL55F18Z dengan tambahan potongan harga hingga Rp1.000.000.

Kamera Sony ini dirancang untuk berbagai pengguna yang ingin mendalami fotografi dan videografi dengan kamera mirrorless digital. Dengan teknologi yang semakin canggih, kamera ini cocok untuk foto dan video hybrid shooters tidak hanya untuk para kreator namun juga untuk mereka yang bekerja di industri pernikahan, sehingga mampu lebih mengeksplorasi kreativitas dan mengekspresikan karya mereka secara bebas.

Peluncuran Sony Alpha 7 IV oleh Sony Indonesia. (Sony Indonesia)

Inovasi Sony Alpha 7 IV 

Sony Alpha 7 IV adalah kamera hybrid shooter yang dikemas dengan kualitas foto yang luar biasa dan teknologi video yang berkembang dengan autofokus canggih, pengoperasian dan kemampuan alur kerja yang ditingkatkan.

Kamera Full Frame ini juga dikembangkan dengan mempertimbangkan lingkungan dengan menggunakan SORPLAS, plastik daur ulang asli Sony untuk bodi kamera dan kemasan dengan bahan yang dapat didaur ulang dan lebih sedikit plastik.

Kualitas gambar 

Dengan sensor gambar Exmor R CMOS back-illuminated full-frame 33MP yang baru dikembangkan, kualitas gambar superior dan rentang sensitivitas ISO Lebar yang dapat diperluas hingga ISO 50-204800 tercapai.

Resolusi tinggi memungkinkan kamera untuk mengekspresikan gradasi halus, detail halus dan tekstur subjek sekaligus mengurangi noise. Rentang dinamis 15-stop memungkinkan rentang ekspresif yang luas sementara pengaturan Tampilan Kreatif dapat membantu menciptakan tampilan orisinal dengan mudah baik untuk foto maupun video.

Sony Alpha 7 IV. (Sony Indonesia)

Performa AF tingkat berikutnya

Mesin pemrosesan terbaru BIONZ XR yang digunakan di kamera unggulan Alpha 1 menghadirkan AF kecepatan tinggi, pemotretan secara kontinu tanpa hambatan pada 10fps dengan pelacakan AF/AE dan buffer besar untuk pengalaman pemotretan yang mulus.

Sony Alpha 7 IV melacak subjek dengan Real-Time Tracking dengan 759 titik AF deteksi fase dalam sistem AF deteksi fase bidang fokus kepadatan tinggi yang mencakup sekitar 94% area gambar.

Selain itu, untuk pertama kalinya, Real-time Eye AF kini dapat melacak mata burung dan hewan untuk foto dan film, selain manusia. Akurasi pendeteksian untuk wajah dan mata manusia juga sekitar 30% lebih baik, dibandingkan dengan Alpha 7 III.

Teknologi film yang berevolusi

Sony Alpha 7 IV mewarisi teknologi yang diambil dari produksi film dunia nyata termasuk S-Cinetone - diadopsi dari kamera Cinema Line Sony yang telah diakui dan digunakan oleh berbagai pembuat film serta pembuat konten untuk menghadirkan tampilan sinematik yang kaya.

Film berkualitas tinggi dicapai dengan perekaman 4K 60p dalam mode Super 35mm dan perekaman hingga 4K 30p dengan oversampling 7K dalam mode full-frame.

Kamera Sony ini juga dilengkapi 10-bit depth 4:2:2 color sampling untuk memungkinkan gradasi alami, pengodean intra-frame XAVC S-I untuk alur kerja pengeditan yang lebih efisien dan XAVC HS untuk efisiensi kompresi dua kali lipat.

Untuk memenuhi kebutuhan kinerja AF yang presisi saat merekam video, fitur AF unik dicapai saat menggunakan Alpha 7 IV dengan lensa Sony E-mount, termasuk AF Assist yang mendukung transisi fokus saat menggunakan AF dan Focus Map yang memvisualisasikan depth of field.

Untuk pertama kalinya dalam seri Alpha, kamera baru ini memiliki fitur Breathing Compensation untuk memerangi focus breathing dan mempertahankan sudut pandang yang konsisten selama perubahan fokus serta dapat dinyalakan atau dimatikan.

Sony Alpha 7 IV. (Sony Indonesia)

Pengoperasian tingkat lanjut sebagai model hybrid asli

Sony Alpha 7 IV adalah kamera hybrid foto dan film dengan pengoperasian serta keandalan luar biasa yang memungkinkan pengguna untuk beralih dari foto ke video dan sebaliknya.

Baru diperkenalkan pada jajaran kamera Alpha Sony adalah dial mode lapisan ganda dengan lapisan bawah untuk memilih Still/Movie/S&Q dan lapisan atas untuk Auto/P/A/S/M dan MR (Memory Recall), memungkinkan pengguna untuk cepat memilih di antara pengaturan khusus.

Kamera Sony ini juga memiliki stabilisasi gambar optik dalam bodi 5-sumbu untuk keunggulan kecepatan rana 5,5 step[v], serta pegangan yang ditingkatkan untuk kenyamanan yang lebih besar dan slot media yang kompatibel dengan CFexpress Tipe A untuk mendukung media dengan penulisan dan waktu tunggu yang lebih cepat.

Selain itu, jendela bidik OLED Quad-VGA 3,68 juta titik (perkiraan) adalah 1,6 kali resolusi jendela bidik Alpha 7 III, memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan kualitas gambar tampilan langsung yang ditingkatkan yang menambah akurasi warna dan meningkatkan resolusi.

Videografer dapat merekam video 4K 60p 10-bit 4:2:2 terus menerus selama lebih dari satu jam berkat struktur peredam panas kamera. Stabilisasi gambar Optical ‘Active Mode’12 membantu perekaman video yang optimal.

Mereka juga dapat memanfaatkan monitor LCD belakang panel sentuh vari-angle bukaan samping tipe 3.0 1,03 juta-titik, tombol REC panel atas dan baterai seri Z berkapasitas tinggi.

Bodi Sony Alpha 7 IV dibuat dengan paduan magnesium untuk mencapai kekokohan sekaligus meminimalkan bobotnya. Selain itu, struktur yang didesain ulang dan tombol pengunci lensa berkontribusi pada peningkatan ketahanan terhadap debu dan kelembapan.

Kemampuan alur kerja yang ditingkatkan

Dengan menawarkan berbagai pilihan konektivitas, Sony Alpha 7 IV memungkinkan streaming langsung dan berbagi konten berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan komunikasi jarak jauh yang terus meningkat secara real-time tanpa mengorbankan kualitas gambar dan suara yang sangat baik. Sambungan antara kamera dan aplikasi seluler Imaging Edge Mobile disederhanakan melalui Bluetooth.

Dirancang dengan mempertimbangkan lingkungan

Menurut upaya lingkungan Sony berdasarkan "Road to Zero", lingkungan merupakan faktor penting dalam pengembangan desain, produksi, dan pengemasan Sony Alpha 7 IV.

Kamera Sony Alpha 7 IV ini menggunakan plastik daur ulang, SORPLAS, yang tidak bergantung pada sumber daya tak terbarukan dan diproduksi di lokasi menggunakan energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga surya. Kemasan produk juga mengadopsi bahan-bahan yang dapat didaur ulang dari plastik.

BACA SELANJUTNYA

Kamera Vlog Full Frame Baru, Berapa Harga Sony ZV-E1 di Indonesia?