Minggu, 29 Januari 2023
Agung Pratnyawan : Rabu, 02 Februari 2022 | 18:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bagi kamu pengguna iPhone, sudah tahu belum kalau pada iPhone kamu terdapat fitur yang bisa kamu gunakan untuk scan barcode? Cara scan barcode di iPhone lebih mudah untuk dilakukan, karena pada perangkat iPhone sudah dibekali oleh fitur yang mempermudah kamu melakukan scan barcode langsung melalui kamera iPhone kamu jadi kamu tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi tambahan lagi ya pada iPhone kamu.

Barcode atau Kode batang mengumpulkan data dalam lebar dan spasi garis paralel yang bisa dibaca oleh mesin barcode scanner.

Barcode memiliki bentuk berupa garis panjang dengan jarak dan ketebalan yang berbeda-beda, garis-garis tersebut memiliki fungsi untuk membedakan satu jenis produk dengan produk lainnya.

Barcode biasanya berisi tentang berbagai informasi yang terdapat pada suatu produk seperti misalnya kode produksi, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, dan informasi lainnya.

Jadi apakah kamu sudah tahu cara scan barcode di iPhone? Pada iPhone sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih, termasuk fitur Scan QR Codes yang bisa kamu gunakan untuk scan barcode dengan mudah melalui kamera iPhone kamu.

Ilustrasi Barcode scanner. (Pixabay)

Fitur Scan QR Codes ini bisa kamu temukan pada menu pengaturan di dalam iPhone kamu, lalu untuk cara scan barcode selanjutnya kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka menu pengaturan pada iPhone kamu
  2. Kemudian pilih opsi Kamera
  3. Selanjutnya aktifkan menu Scan QR Codes dengan menggulirkan tombol toggle hingga berubah warna menjadi hijau
  4. Apabila sudah, tutup menu pengaturan tersebut dan buka aplikasi kamera pada iPhone kamu
  5. Lalu arahkan kamera belakang iPhone kamu pada barcode yang ingin kamu scan
  6. Pastikan barcode telah terbidik dengan benar, apabila barcode telah berhasil di scan maka akan muncul pemberitahuan untuk membuka hasil dari scan barcode yang telah kamu lakukan
  7. Setelah itu kamu tinggal membuka pemberitahuan tersebut untuk melihat informasi yang ada di dalam barcode
  8. Selesai!

Itulah langkah-langkah mudah yang bisa kamu coba untuk cara scan barcode di iPhone langsung melalui kamera iPhone kamu. Selamat mencoba!

Kontributor: Jeffry francisco

BACA SELANJUTNYA

3 Cara Cek Keaslian iPhone: IMEI Jadi Kunci, Simak Tutorialnya