Minggu, 28 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 04 Februari 2022 | 18:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Berikut ini ada enam kelebihan TV digital jika dibandingkan dengan TV analog. Juga ketahui apakah televisi kamu sudah bisa menangkap siaran digital atau belum.

Saat ini Indonesia sedang melakukan peralihat dari siaran TV analog ke siaran digital yang dilakukan secara bertahap.

TV digital adalah transmisi sinyal televisi menggunakan metode digital dan bukan konvensional. Sedangkan TV analog merupakan teknologi televisi asli yang menggunakan sinyal analog untuk mengirimkan video dan audio.

 Dalam siaran televisi analog, kecerahan, warna dan suara diwakili oleh amplitudo, fase dan frekuensi sinyal analog.

Kualitas gambar dari sinyal TV digital tetap baik sampai tingkat sinyal turun di bawah ambang batas di mana penerimaan tidak lagi mungkin atau menjadi intermiten.

Ilustrasi TV. (Pixabay)

Cara cek tv sudah bisa menerima siaran digital atau belum:

  1. Periksa usia TV Anda. Jika TV Anda dirilis pada tahun 2003 atau lebih baru, kemungkinan besar itu adalah digital. TV yang dirilis sebelumnya mungkin belum digital.
  2. Periksa label TV Anda. Jika Anda masih tidak yakin, Anda juga dapat memeriksa apakah TV Anda memiliki label yang mengatakan apakah memiliki tuner digital built-in atau HDTV. Anda juga dapat memeriksa manual jika tersedia.
  3. Nyalakan TV Anda dan periksa saluran. Menggunakan layanan kabel digital, buka salah satu saluran yang sesuai secara digital. Jika ada suara, tetapi tidak memiliki gambar, TV Anda tidak sesuai dengan digital. Jika demikian maka tidak diragukan lagi bahwa TV Digital memiliki kualitas yang lebih baik daripada TV Analog. Gambar TV Digital tetap jelas sekalipun sinyal lemah, seperti yang telah disebutkan dalam kelebihan menggunakan TV digital di atas.

Kelebihan TV Digital

Ringkasnya, kelebihan TV digital dibandingkan dengan TV analog meliputi:

  • Resolusi gambar superior (detail) untuk bandwidth tertentu
  • Bandwidth yang lebih kecil untuk resolusi gambar tertentu
  • Kompatibilitas dengan komputer dan internet
  • Interaktivitas
  • Kualitas audio yang unggul
  • Konsistensi penerimaan dalam berbagai jarak

 

Itulah enam kelebihan TV digital dibandingkan TV analog, lengkap dengan cara mengetahui apakah televisi kamu sudah bisa menangkap siaran digital atau belum. (Suara.com/ Mutaya Saroh).

BACA SELANJUTNYA

Spesifikasi Hisense 40E5G, Smart TV Digital 40 Inci Murah Rp 2 Jutaan