Selasa, 30 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 14 Februari 2022 | 18:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara mengetahui akun WhatsApp diblokir pengguna lain sangatlah mudah. Fitur blokir di WhatsApp berfungsi untuk menyingkirkan nomor atau kontak yang dianggap mengganggu. Fitur blokir ini membuat pengguna tidak bisa menerima pesan, panggilan telepon, ataupun panggilan video dari orang yang telah diblokir.

Saat pengguna lain memblokir kamu, WhatsApp tidak memberikan notifikasi bahwa kamu telah diblokir. Hal ini karena WhatsApp tidak membuat fitur bagi pengguna untuk melihat apakah sudah diblokir pengguna lain atau tidak. Lalu bagaimana mengetahui WhatsApp kita diblokir atau tidak?

Meski tidak ada pemberitahuan atau notifikasi apakah kamu sudah diblokir atau tidak, namun ada beberapa indikator yang dapat menjadi pertanda bahwa akun WhatsApp kamu diblokir oleh pengguna lain.

Berikut cara mengetahui WhatsApp Diblokir yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Cek Status Online Terakhir

Di WhatsApp, kamu bisa melihat status online dari pengguna lain pada bilah hijau yang ditampilkan di bagian atas. Jika pengguna tidak dapat melihat status online, ada beberapa kemungkinan yaitu pengguna telah diblokir atau kontak tersebut memilih untuk tidak membagikan informasi online.

2. Lihat Tanda Centang Pesan Terkirim

Cara mengetahui akun WhatsApp diblokir adalah dengan mengirim pesan ke kontak tersebut dan melihat tanda centangnya. Perlu diperhatikan, jika centang satu maka ada kemungkinan bahwa pengguna telah diblokir.

Tapi kemungkinan lainnya adalah kontak tidak mengaktifkan jaringan. Namun jika dalam waktu lama tidak kunjung terkirim, kemungkinan besar kamu telah diblokir.

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)

3. Periksa Foto Profil Kontak

Cara mengetahui akun WhatsApp diblokir paling efektif adalah melihat foto profil kontak tersebut. Pengguna hanya akan melihat foto profil berwarna abu-abu.

Meski begitu, perlu dipastikan apakah kontak tersebut memang jarang memasang foto profil atau bahkan memang sengaja menggunakan profil dengan gambar seperti itu.

4. Coba Tambahkan Kontak ke Grup Baru

Cara lainnya adalah membuat grup baru dan mencoba menambahkan kontak tersebut ke dalam grup. Jika pengguna tidak dapat menambahkannya, kemungkinan besar pengguna telah diblokir.

5. Tidak bisa menelepon

Coba menelpon nomor tersebut jika tidak menjawab maka kemungkinan besar kamu sudah diblokir. Sebenarnya saat sudah diblokir kamu masih bisa mendengarkan nada sambung seperti biasa.

Namun jika telah berulang kali menelepon tidak mendapatkan respon, ada kemungkinan besar kamu diblokir.

Itulah cara mengetahui akun WhatsApp diblokir oleh pengguna lain atau tidak. Semoga tulisan ini bermanfaat!

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Fitur Baru WhatsApp: Bisa Bisukan Penelepon Tidak Dikenal dan Pemeriksaan Privasi