Kamis, 02 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 22 Maret 2022 | 16:01 WIB

Hitekno.com - Ponsel pintar masa kini sudah jadi kebutuhan wajib yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan sehari-hari. Dari mulai bangun hingga akan tidur, Anda pasti tidak akan lepas dari ponsel. Apalagi jika yang Anda miliki adalah ponsel Oppo A95 yang Anda beli dari Blibli dan memiliki banyak fitur menarik.

Tentunya ketergantungan ponsel ini tidak bisa dihindari karena ada banyaknya fitur dan fungsi yang membantu segala aktivitas Anda. Dengan ponsel, Anda bisa menghubungi banyak orang untuk urusan pekerjaan atau berkomunikasi dengan keluarga. Anda juga bisa mencari hiburan dengan berselancar di media sosial.

Namun, tanpa disadari terkadang ada banyak kesalahan yang sering dilakukan secara tidak sengaja saat Anda menggunakan ponsel pintar. Jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama tentunya Anda bisa merasakan dampak yang buruk.

Sebenarnya apa saja kesalahan yang sering dialami para pengguna ponsel pintar? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Tidur dengan Ponsel

Ada banyak orang yang membawa ponsel saat tidur, mungkin Anda salah satunya. Padahal kebiasaan ini sangat tidak baik jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Ponsel memiliki pemancar dan penerima elektromagnetik yang artinya dapat menerima gelombang radio. Walau belum terbukti, dalam sejumlah penelitian gelombang radio ini dapat memengaruhi otak manusia jika terlalu sering terpapar.

Maka dari itu, usahakan untuk meletakkan ponsel di meja atau di ruangan lain saat Anda tertidur. Anda juga perlu mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, bukan? Namun, jika Anda membutuhkan ponsel untuk mendengar alarm, Anda bisa memasang mode pesawat agar tidak terpapar gelombang radio.

2. Terlalu Lama Menatap Layar Saat Malam Hari

Ketergantungan yang dimiliki pemilik ponsel membuat Anda sering menatap layar terlalu lama. Jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, ini akan memengaruhi kesehatan. cahaya biru dari layar ponsel bisa menekan melatonin, yaitu hormone yang mengatur siklus tidur seseorang.

Ada banyak dampak yang dapat dirasakan saat Anda terlalu lama menatap layar ponsel saat malam hari. Antara lain, sulit tidur, mundurnya waktu tidur, insomnia, tidur tidak nyenyak, sakit kepala, hingga mengganggu kesehatan mata. Maka dari itu, sebaiknya atur layar menjadi mode malam agar bisa mengurangi cahaya biru ini.

3. Sering Digenggam

Beberapa penelitian mengatakan kalau ponsel dapat menyebabkan kanker kulit. Terutama soal transmisi sinyal dengan jumlah 900 MHz yang membuat ponsel menjadi lebih panas. Kulit manusia sendiri sangat mudah menyerap panas setiap kali menggenggam sebuah benda.

Walau begitu, memang belum ada bukti langsung tentang penelitian ini. Faktanya, rasio penyerapan ini menurun drastis jika Anda menjaga jarak dengan ponsel. Maka disarankan untuk menggunakan headset saat menelpon agar meminimalisir kontak dengan ponsel dan kulit.

4. Sering Mengantongi Ponsel

Anda suka mengantongi ponsel? Jika iya, maka hilangkan kebiasaan ini. Jika terlalu sering mengantongi ponsel, maka dapat mengurangi sensitivitas dari layar ponsel. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa berdampak negatif untuk kesehatan. Antara lain adalah merusak DNA, memengaruhi kesuburan untuk pria, mengubah metabolisme otak, menurunkan kepadatan tulang, dan melemahkan bagian pinggul.

5. Digunakan Saat Sinyal Lemah

Apakah Anda suka menggunakan ponsel walau ponselnya melemah? Perlu diketahui kalau ponsel memiliki sinyal yang lemah, artinya ponsel sedang melakukan proses memadamkan sinyal yang kuat sebagai pemancar. Dalam posisi ini, ponsel lebih membahayakan kesehatan.

Para ahli menyarankan agar menjauhkan diri dari ponsel dan tidak menggunakannya saat sinyal sedang lemah. Jika terus digunakan, biasanya ponsel akan lebih cepat panas dan akan semakin membahayakan kesehatan.

6. Jarang Update Aplikasi dan Sembarang Download

Mungkin Anda sering mengabaikan pemberitahuan untuk update aplikasi. Biasanya alasannya karena membuang-buang kuota. Padahal, mengupdate aplikasi sangat penting agar dapat menambal celah dari ponsel dan lebih aman dari serangan hacker.

Selain itu, Anda mungkin sering sembarangan mendownload aplikasi. Apalagi aplikasi tersebut adalah bajakan dari pihak ketiga, maka ponsel Anda akan lebih rentan terkena serangan malware yang berbahaya. Maka dari itu biasakan untuk menginstall aplikasi dari PlayStore dan hentikan mendownload aplikasi dari sembarang situs.

7. Menggunakan Ponsel dengan Posisi yang Salah

Posisi yang salah saat menggunakan ponsel tentunya akan membuat tubuh cedera. Jika Anda sering menggunakan ponsel sambil menunduk, maka kebiasaan ini akan membuat tekanan tulang belakang leher Anda meningkat.

Jika terus dilakukan, maka berat leher akan jadi 5 kali lebih berat daripada kepala. Akibatnya, Anda akan sering merasakan nyeri dan mengalami kelainan postur. Menggunakan ponsel juga dapat membuat cedera di ibu jari dan membuat Anda merasakan mati rasa. Maka dari itu, gunakan ponsel setinggi mata, agar tetap menjaga leher tetap lurus. Jangan juga mengetik terlalu cepat agar ibu jari tidak mengalami cedera serius.

Itu dia 6 kesalahan yang sering dilakukan banyak orang saat menggunakan ponsel pintar. Apakah Anda sering mendapatkan pengalaman di atas? Maka, mulai sekarang Anda bisa kurangi agar terhindar dari berbagai dampak negatif yang berbahaya.

Jika Anda sedang mencari ponsel pintar terkini, maka Anda bisa mengunjungi website dan aplikasi Blibli! Dapatkan banyak promo menarik dengan berbelanja di Blibli!

BACA SELANJUTNYA

Viral Pasutri Curi 5 Ponsel Milik Pengunjung PRJ, Endingnya Ketahuan dan Ditangkap Polisi