Kamis, 09 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Rabu, 23 Maret 2022 | 17:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketahui bagaimana cara cek kesehatan baterai iPhone dengan baik dan benar. Tim HiTekno.com merangkum bagaimana tutorial iPhone berikut ini.

Kesehatan baterai iPhone tentu harus dijaga dengan baik agar tetap bisa bekerja secara optimal dan tentu umurnya akan lebih panjang.

Salah satu upaya yang bisa kalian lakukan adalah rutin melakukan cek kesehatan baterai selain untuk mengetahui presentase kesehatan baterai hal ini juga berpengaruh terhadap harga jual di pasaran.

Lalu bagaimana cara cek kesehatan baterai iPhone dan cara merawatnya agar lebih awet?

Cara cek kesehatan baterai iPhone

Pengecekan kesehatan baterai atau baterai health bisa dilakukan pada iPhone dari series iPhone 6, 6plus, 6S, 6S plus, iPhone SE generasi ke-1, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12, dan iPhone 13.

  1. Bukalah menu "Pengaturan" atau "Setting" yang ada di iPhone kalian masing-masing sesuai dengan seri yang tersebut di atas
  2. Setelah itu carilah menu "Baterai"
  3. Selanjutnya kalian bisa pilih menu "Kesehatan Baterai"
  4. Kemudian di halaman tersebut tepat di bagian tengah sebelah kanan layar akan nampak keterangan berapa persen tingkat kesehatan baterai iPhone kalian masing-masing

 

Maka semakin tinggi presentasi kesehatan baterai kalian maka akan semakin baik, namun rupanya kesehatan baterai ini juga dipengaruhi beberapa hal salah satunya yakni umur dari baterai tersebut. 

Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)

Cara merawat baterai iPhone agar lebih awet

  • Lakukan pembaruan perangkat lunak secara rutin, seperti versi sistem operasi biasanya akan membawa fitur-fitur yang lebih baru untuk mendukung kinerja iPhone agar lebih maksimal dan menjaga kesehatan baterai. Game terbaru di versi iOS 13 adanya fitur pemberhentian pengisian baterai ketika mencapai 80%.
  • Gunakan iPhone dengan suhu normal antara 16° hingga 22° Celcius, rupanya suhu dari HP sendiri bisa dipengaruhi oleh suhu internal maupun dari eksternal yang akan menguras daya baterai kalian lebih cepat habis.
  • Simpan HP di kapasitas baterai 50%, cara ini sangat direkomendasikan bagi kalian yang ingin menyimpan iPhone dalam jangka waktu yang lama tanpa digunakan sama sekali. Upayakan kalian tidak mengisi syaraful maupun mengosongkan nggak 0%.
  • Lakukan pengisian maksimal di angka 80%, memang baterai bisa menampung hingga 100% namun melakukan pengisian hingga 100% cara ini sangat tidak direkomendasikan. Karena jika kalian menggunakan HP secara intens semisal tengah scroll media sosial atau bermain game maka pengisian baterai hingga 100% akan memakan waktu lebih lama dan membuat HP akan lebih panas.  

Nah itulah cara cek kesehatan baterai iPhone dan cara merawat agar lebih awet serta membuat HP kalian agar bekerja lebih maksimal dan meminimalisir terlalu sering melakukan penggantian baterai. 

Manfaatkan tutorial iPhone di atas, bagaimana cara cek kesehatan baterai iPhone.

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

BACA SELANJUTNYA

Ponsel Jadul Sisca Kohl yang Satu Ini Bikin Harga iPhone bak Semurah Gorengan