Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 30 Maret 2022 | 15:08 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo menyampaikan kalau perpindahan siaran TV analog ke TV digital tahap pertama bakal dimulai pada 30 April 2022.

Kemudian perpindahan TV analog ke digital atau Analog Switch Off (ASO) tahap ke-3 yang bakal serentak akan dimulai pada 30 November 2022 mendatang.

Untuk itu, Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengingatkan masyarakat untuk memeriksa apakah TV mereka telah mendukung format digital (DVB-T2) atau belum.

"Sekali lagi saya ingin mengingatkan masyarakat yang memiliki TV untuk memeriksa apakah TV-nya sudah DVB-T2 atau belum. Kalau sudah DVB-T2, maka otomatis bisa menerima layanan digital. Tapi kalau belum, maka perlu memasang STB," ujar Plate saat ditemui di Kantor Kominfo, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Dalam menyukseskan program itu, Plate mengaku telah bekerja sama dengan penyelenggara multipleksing untuk menyediakan Set Top Box (STB) ke keluarga miskin agar mereka bisa menikmati TV digital.

Set Top Box TV digital. (Polytron)

"Kami bekerja sama dengan penyelenggara multipleksing untuk menyediakan STB ke keluarga miskin," katanya.

Sedangkan bagi kelas menengah atau yang bukan tergolong miskin, Plate menilai kalau rata-rata TV mereka sudah dalam bentuk digital.

"Kepada masyarakat yang tidak dikategorikan sebagai masyarakat miskin, yang mempunyai televisi. Maka segeralah pastikan TV-nya bisa menerima siaran digital. Dimulai dari 30 April 2022," jelas dia.

Sebelumnya Kominfo mendesak publik untuk segera membeli perangkat STB jika belum memiliki perangkat tv yang bisa menangkap siaran tv digital.

Membeli STB sendiri tak bisa serampangan, tetapi sebaiknya yang telah menerima sertifikasi Kominfo agar bisa menangkap siaran tv digital di Indonesia.

Apakah televisi kamu sudah mendukung siaran TV digital atau belum, jika hanya mendukung TV analog membutuhkan set top box khusus. (Suara.com/ Dicky Prastya).

BACA SELANJUTNYA

Menkominfo Johnny G Plate Tersangka Korupsi BTS, Rugikan Negara Lebih dari Rp 8 T