Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 30 Maret 2022 | 22:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - WhatsApp mengumumkan update baru mereka yang akan memberikan peningkatan pada fitur Voice Note atau Pesan Suara. Beragam peningkatan diberikan untuk menunjang pengguna dalam berkominikasi.

Fitur Voice Note sendiri sudah dikenalkan sejak 2013 silam. Menyadari fitur Pesan Suara ini membawa perubahan pada cara berkomunikasi para pengguna, WhatsApp akhirnya memberikan perubahan.

Dengan desain yang simpel, WhatsApp dalam rilis resmi yang diterima HiTekno.com menyampaikan kalau mereka ingin membuat perekaman dan pengiriman pesan suara secepat dan semudah menulis pesan teks.

Rata-rata setiap harinya, para pengguna WhatsApp mengirim sebanyak 7 miliar pesan suara di layanan yang dilindungi oleh enkripsi end-to-end untuk menjaga privasi dan keamanan pesan mereka setiap waktu.

"Setiap hari, pengguna WhatsApp mengirim 7 miliar pesan suara. Jadi kami menambahkan beberapa fitur baru termasuk Pemutaran di Luar Chat, Jeda/Lanjutkan Perekaman, dan Pratinjau Draf untuk mempermudah mengirim dan mendengarkan pesan Anda. Saya harap Anda menikmatinya." kata pendiri dan CEO Meta Mark Zuckerberg dalam rilisnya.

Update fitur Voice Note pada WhatsApp. (WhatsApp)

Secara resmi diumumkan beberapa fitur baru untuk mewujudkan pengalaman mengirim pesan suara yang kian baik di WhatsApp.

Pembaruan ini antara lain:

  • Pemutaran di Luar Chat: Dengarkan pesan suara di luar chat sehingga Anda dapat melakukan aktivitas lain di ponsel atau membaca dan merespons pesan lainnya.
  • Jeda/Lanjutkan Perekaman: Jika terdapat gangguan atau Anda merasa perlu merangkai pikiran atau kata-kata saat merekam pesan suara, kini Anda dapat menjeda perekaman pesan suara dan melanjutkannya kembali saat Anda siap.
  • Visualisasi Berbentuk Gelombang: Menampilkan representasi visual dari pesan suara yang dapat memudahkan kita mengikuti visualisasi keras lemahnya suara pada rekaman.
  • Pratinjau Draf: Dengarkan pesan suara Anda sebelum mengirimnya.
  • Penanda Pemutaran: Jika Anda menjeda saat mendengarkan pesan suara, Anda dapat melanjutkan pemutaran terakhir saat kembali ke chat.
  • Pemutaran Cepat di Pesan yang Diteruskan: Putar pesan suara dengan kecepatan 1,5x atau 2x untuk mendengarkan pesan suara lebih cepat di pesan biasa atau pesan yang diteruskan.

Voice Note atau pesan suara telah membantu mempercepat dan mempermudah pengguna dalam melakukan percakapan yang lebih ekspresif.

Mengekspresikan emosi atau kegembiraan melalui pesan suara terasa lebih natural jika dibandingkan dengan melalui pesan teks. Dalam berbagai situasi, pesan suara merupakan bentuk komunikasi yang lebih diminati di WhatsApp.

Pesan suara mudah digunakan oleh siapa saja, seperti anggota keluarga yang kurang suka mengetik pesan teks, sahabat yang hobi bercerita, teman sejawat yang membutuhkan kata-kata penyemangat, atau bagi mereka yang ingin mendengar suara manis pasangan di penghujung hari yang melelahkan.

Itulah update baru WhatsApp yang menghadirkan perubahan signifikan pada fitur Voice Note.

BACA SELANJUTNYA

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri, Beda dengan Lainnya