Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 27 September 2022 | 06:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Fitur PeduliLindungi kini tidak lagi ditemukan dalam beberapa aplikasi populer, seperti Gojek dan Grab. Tidak lagi ada fitur scan QR PeduliLindungi yang terhubung dengan PeduliLindungi.

Tentu ada alasan kenapa scan PeduliLindungi tidak lagi muncul disejumlah aplikasi populer seperti Gojek dan Grab.

Diwartakan Suara.com, Kementerian Kesehatan buka suara soal hilangnya fitur PeduliLindungi di beberapa aplikasi populer di Indonesia tersebut.

Diwartkan alasan hilangnya scan PeduliLindungi karena kerja sama sudah berakhir.

Chief of Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan Setiaji menjelaskan kerja sama dengan platform seperti Gojek, Grab, Shopee dll berlaku selama satu tahun sejak Agustus 2021.

"Setelah melewati masa berlaku tersebut dan evaluasi berkala, maka Kemenkes RI memutuskan untuk tidak melanjutkan atau memberhentikan kerja sama yang efektif per tanggal 31 Agustus 2022," kata Setiadji saat dikonfirmasi Suara.com via pesan singkat, Senin (26/9/2022).

Ia menyebut, adapun ketentuan masa akhir tersebut telah tercantum sebelumnya di masing-masing sertifikat API yang diberikan kepada mitra saat kerja sama dimulai.

Aplikasi Pedulilindungi.id. (Kominfo)

Di sisi lain, Setiadji mengklaim performa PeduliLindungi kini semakin optimal dibandingkan saat awal krisis pandemi.

"PeduliLindungi pun semakin user friendly yang membuat pengguna dapat lebih nyaman, mudah, dan praktis untuk menggunakan berbagai fitur di dalamnya," ungkap dia.

"Kini cukup gunakan aplikasi PeduliLindungi untuk check-in baik melalui aplikasi ponsel dan yang terbaru, check in melalui mobile web browser pedulilindungi.id," tukas Setiaji.

Sebelumnya diwartakan bahwa fitur scan QR Code PeduliLindungi di beberapa aplikasi seperti Gojek dan Grab sudah hilang.

Tadinya para pengguna aplikasi tersebut bisa dengan mudah memindai QR Code PeduliLindungi di tempat publik menggunakan aplikasi-aplikasi ketiga seperti Gojek, Grab dan Shopee.

Itulah penjelasan kenapa scan PeduliLindungi tidak lagi muncul di aplikasi populer seperti Gojek dan Grab. Kamu harus instal langsung aplikasi PeduliLindungi. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Indonesia Privacy and Security Summit 2023: Tantangan Implementasi UU Pelindungan Data Pribadi