Sabtu, 20 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 12 Oktober 2022 | 16:47 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Galaxy Z Fold4 merupakan HP lipat paling premium yang dimiliki oleh Samsung saat ini. Perusahaan mengklaim bahwa Samsung Galaxy Z Fold4 merupakan HP pertama yang mendukung Android 12L.

Sebagai informasi, Galaxy Z Fold4 debut pertama kali pada Agustus 2022. Spesifikasi chipset hingga layarnya mendukung fitur serba premium.

Perangkat mengusung layar Foldable Dynamic AMOLED 2X berukuran 7,6 inci beresolusi 1812 x 2176 piksel dengan refresh rate 120 Hz dan dukungan HDR10 Plus.

Pada bagian cover display, smartphone memiliki panel Dynamic AMOLED 6,2 inci beresolusi 904 x 2316 piksel dengan refresh rate tinggi sama seperti layar utama.

HP Samsung Galaxy Z Fold4 mengandalkan chipset kelas atas dari Qualcomm, Snapdragon 8 Plus Gen 1. HP lipat ini menjalankan sistem operasi Android 12L yang dikustomisasi ke dalam One UI 4.1.1.

Fitur multi window pada Samsung Galaxy Z Fold4. (Samsung)

Perlu diketahui, Android 12L merupakan turunan dari Android 12 yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar di atas 600 dp.

Dikutip dari situs resmi Samsung, perusahaan mengklaim bahwa UI terbaru mendukung navigasi yang lebih mudah. Layar foldable yang besar memungkinkan jenis perangkat ini untuk menampilkan lebih banyak informasi sekaligus.

Dari situ, Android 12L hadir memaksimalkan keunggulan tersebut dengan mengoptimalkan UI di setiap aspek, baik saat pengguna mengakses home screen, cek notifikasi, hingga melakukan pengaturan perangkat. Navigasi pun menjadi lebih efisien dan pengalaman menggunakan perangkat menjadi lebih praktis.

Perusahaan turut mengklaim bahwa UI yang dikustomisasi menawarkan pengalaman optimal. Misalnya, saat mengakses quick panel di smartphone biasa, notifikasi dan fungsi-fungsi seperti Wi-Fi dan Bluetooth akan bertumpuk dalam satu baris panjang.

Fitur multi window pada Samsung Galaxy Z Fold4. (Samsung)

Di Galaxy Z Fold4 5G yang didukung Android 12L, quick settings dan notifikasi tampil dalam kolom yang terpisah sehingga pengguna bisa mengaktifkan fungsi tertentu atau cek pesan masuk dengan lebih mudah dan cepat.

Tampilan serupa juga bisa ditemukan di bagian pengaturan. Di smartphone biasa, saat ingin beralih dari satu menu pengaturan ke menu lainnya, pengguna perlu masuk ke tampilan utama pengaturan secara berulang.

Sedangkan di Galaxy Z Fold4 5G, pengguna akan dimanjakan dengan layout yang terdiri dari dua kolom, yaitu menu utama pengaturan dan tampilan dari menu yang sedang dipilih. Jadi, pengguna bisa beralih dari satu menu ke menu lainnya dengan navigasi yang lebih sederhana.

Android 12L memungkinkan Galaxy Z Fold4 5G untuk menjalankan fungsi Multi Window terhadap semua aplikasi dengan tampilan yang lebih optimal.

Samsung Galaxy Z Fold4. (Samsung)

Jadi, penyesuaian ukuran window untuk semua aplikasi akan lebih smooth dengan rasio yang lebih proporsional untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Android 12L juga berperan besar dalam mematangkan gesture terbaru dalam mengaktifkan Multi Window, di mana kini pengguna bisa beralih dari tampilan full screen ke split screen secara instan hanya dengan sekali swipe.

Menawarkan spesifikasi gahar dan UI premium, HP Samsung Galaxy Z Fold4 mengincar pengguna smartphone kelas atas. Samsung Galaxy Z Fold4 5G tersedia dengan harga Rp24.999.000 (12GB/256GB), Rp26.999.000 (12GB/512GB), dan Rp30.999.000 (12GB/1TB) dalam pilihan warna Graygreen, Phantom Black, Beige, dan Burgundy.

BACA SELANJUTNYA

Teaser Beredar, Fitur Samsung Galaxy M34 5G Beredar ke Publik