Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 15 Oktober 2022 | 17:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat viral di media sosial, video yang menceritakan seorang bapak menjadi korban penipuan penjual HP. Bagaimana ia sampai tertipu tak sadar sampai beli HP mainan sampai Rp 1,2 juta.

Dirangkum tim HiTekno.com dari Suara.com, penipuan penjualan HP saat ini masih marak terjadi. Hal ini karena tidak semua orang bisa membedakan mana smartphone asli dengan HP palsu.

Seperti seorang bapak dalam video viral di media sosial ini menjadi korban penipuan karena tak sadar HP mainan seharga Rp 1,2 juta.

Kronologi Tertipu Penjual HP

Kejadian ini dibagikan oleh akun TikTok verayolandasari09 pada 10 Oktober 2022. Awalnya, lelaki tersebut datang ke konter untuk meminta tolong mengaktifkan smartphone yang baru dibelinya.

Namun, HP palsu tersebut tidak bisa dinyalakan karena barang mainan yang biasa dijadikan pajangan. Lelaki paruh baya itu mengaku tidak tahu sama sekali jika smartphone yang dibeli adalah barang palsu atau HP mainan saja.

Menurut keterangannya, penjual HP tersebut datang ke rumah saat tidak ada dirinya. Istrinya pun membeli dua unit smartphone seharga Rp 1,2 juta tanpa mengetahui HP yang dibelinya adalah HP mainan.

 

"Kronologinya, bapak ini datang ke konter minta dihidupkan HPnya. Pas dicek ternyata cuma HP Gami (HP mainan yang cuma dijadikan pajangan). Bapak ini beli HP seharga Rp 1,2 juta, si penipu ini datang ke rumah bapak dan menawarkan HP mainan ini," tulis pemilik akun.

Pemilik akun dan penjaga konter lainnya pun memberi tahu kepada bapak tersebut bahwa smartphone miliknya adalah HP palsu. Mengetahui dirinya kena tipu, lelaki itu hanya bisa tersenyum dan pasrah.

Bapak ini bahkan mengatakan jika itu belum rezekinya untuk memiliki HP mainan tersebut.

"Salutnya, si bapak masih bisa ketawa dan tersenyum. Tapi matanya nggak bisa bohong kalau dia sedih dan nggak tau harus apa. Sumpah buat Anda yang udah nipu bapak ini, lo jahat banget. Manusia nggak ada hati. Mempermainkan orang baik seperti bapak ini," tambah pemilik akun.

Netizen Menggalang Donasi

Pemilik akun membelikan dua unit smartphone dari uang donasi yang terkumpul. (TikTok / @verayolandasari09)

Pemilik akun juga membagikan video kejadian tersebut ke akun Instagram miliknya. Tak disangka, video tersebut viral di media sosial dan mendapat atensi dari banyak pengguna media sosial.

Sebagian besar netizen yang melihat video viral ini meminta pemilik akun untuk membuka donasi agar bisa membantu bapak tersebut.

Pemilik akun pun menyanggupi permintaan itu. Saat donasi ditutup, pemilik akun berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 5,3 juta untuk bapak tersebut.

Setelah mencairkan dana tersebut, pemilik akun yang berdomisili di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, segera mencari alamat lelaki tersebut yang diketahui bernama Pak Joko.

Sebelumnya, pemilik akun membelikan dua smartphone untuk Pak Joko sebagai pengganti HP mainan. Ia membeli Samsung Galaxy A03 Core dan Oppo A16. Setelah membeli smartphone tersebut, sisa donasi yang terkumpul masih sekitar Rp 2,5 juta.

Pemilik akun pun menyerahkan kedua HP dan sisa dana donasi untuk keluarga Pak Joko. Dalam rekaman, istri Pak Joko tampak menangis dan berterima kasih kepada para donatur yang membantunya.

Unggahan yang telah dilihat sebanyak lebih dari 2,5 juta penayangan dan disukai sebanyak lebih dari 171.800 kali oleh sesama pengguna TikTok itu pun menuai beragam komentar.

"Bapaknya legowo banget," tulis netizen.

"Kayak bapakku dulu dan cuma ada ibu sama bapak di rumah. Pas pulang kerja dikasih tau cuma bisa nangis. Sekarang liat gini nangis lagi," komentar netizen.

"Bismillah, semoga diganti dengan rezeki yang lain ya pak," tambah lainnya.

"Nangis banget, kasian," ungkap netizen.

"Terima kasih kak udah bantu dan jadi perantara buat bapaknya, semoga dimudahkan urusannya," sahut lainnya.

Itulah video viral di media sosial, kisah seorang bapak kena tipu penjual HP hingga membuat istrinya tak sadar beli HP mainan seharga Rp 1,2 juta. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli