Kamis, 02 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 20 Oktober 2022 | 08:41 WIB

Hitekno.com - Setela merilis sistem operasi Android 13 pada Agustus kemarin, Google kemabali mengenalkan varian lainnya. Yakni Android 13 Go edition yang ditujukan untuk HP murah dan entry level.

Google sendiri telah lima tahun menghadirkan edisi Go sebagai varian Android untuk sistem operasi HP murah dengan spesifikasi rendah.

Dikutip HiTekno.com dari Suara.com, saat ini ada lebih dari 250 juta perangkat aktif bulanan, dengan SoC kelas bawah, RAM terbatas, dan kapasitas penyimpanan, yang menjalankan beberapa bentuk Android Go.

Sedangkan untuk Android 13 Go edition sendiri berfokus pada keandalan, kegunaan, dan penyesuaian. 

Pembaruan Sistem Google Play tersedia untuk perangkat Android Go dimulai dengan rilis ini, memungkinkan smartphone menerima pembaruan perangkat lunak penting di luar rilis Android utama.

Android 13 Go edition. (Google)

Umpan Google Discover, yang dapat ditemukan di Android di sebelah kiri layar beranda paling kiri di banyak kulit, kini memulai debutnya di perangkat edisi Go. 

Juga diluncurkan adalah bahasa desain Material You, yang sejauh ini terbatas pada perangkat Android edisi non-Go tetapi sekarang membuat lompatan ke sisi yang terjangkau.

Dengan itu, kamu mendapatkan tema seluruh skema warna smartphone berdasarkan wallpaper kamu.

Kamu mendapatkan empat skema warna untuk dipilih untuk sistem, sebagaimana melansir laman GSM Arena, Kamis (20/10/2022).

Selain itu, beberapa fitur utama yang diperkenalkan di Android 13 juga masuk ke edisi Go, seperti izin notifikasi dan preferensi bahasa aplikasi. 

Google mengatakan perangkat baru yang menjalankan Android 13 Go edition akan tiba pada 2023.

Itulah kabar dikenalkannya Android 13 Go edition yang dihadirkan Google untuk HP murah dengan spesifikasi rendah. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Apa itu Google Gemini? Teknologi AI Pesaing ChatGPT