Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 21 Oktober 2022 | 15:20 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apa itu iQOO, brand HP baru yang resmi mengumumkan akan masuk ke Indonesia. Seperti apakah brand ini, dan apa yang disiapkannya untuk masuk ke pasar smartphone Indonesia dalam waktu dekat?

Secara resmi iQOO mengumumkan segera masuk ke Indonesia dan menjual smartpone serta produk elektronik lainnya. Tetapi mungkin kamu bertanya, apa itu iQOO dan dari mana brand ini berasal?

iQOO adalah brand asal China, yang memang kiprahnya di pasar perangkat elektronik dunia masih baru. Brand ini didirikan pada Februari 2019 dan merupakan sub-brand Vivo.

Meski berasal dari China, iQOO merupakan singkatan dari kalimat berbahasa Inggris I Quest On and On, yang jika diterjemahkan bebas berarti pencarian tiada akhir.

Di awal peluncurannya di China, iQOO terkenal sebagai brand HP gaming yang menawarkan performa lebih. Juga dengan desain mencolok khas HP gaming di pasaran China.

Menurut Techradar, iQOO menjadi brand kelima yang berada di bawah payung BBK, sebuah perusahaan elektronik raksasa China. Sebelumnya BBK sudah memiliki empat brand lain yakni Oppo, Vivo, OnePlus dan Realme.

Menariknya lagi, meski berasal dari China dan berada di bawah Vivo, debut iQOO sebagai sebuah brand justru terjadi di India pada Februari 2020, ketika iQOO 3 diluncurkan. Smartphone itu menjadi HP 5G pertama di India ketika itu.

Teaser HP gaming iQOO 5 dengan BMW M Motorsport. (Weibo)

CEO iQOO Nipun Marya dalam wawancara belum lama ini mengatakan bahwa perusahan akan memperkuat jajaran HP premium dan berambis meningkatkan pangsa pasarnya ke 10 persen hingga akhir 2022.

Sejauh ini iQOO telah memiliki empat model smartphone di China. Keempatnya adalah seri U, seri Z, seri Neo dan seri nomor. Tetapi di India, iQOO baru meluncurkan seri Z, seri nomor dan Neo.

HP iQOO seri Z adalah lini yang termurah, sementara seri Neo ada di segmen menengah dan seri nomor adalah yang kelas premium. Saat ini iQOO 9 adalah model paling mahal, karena menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 1.

Selain itu iQOO juga baru saja meluncurkan beberapa smartphone edisi BMW Motorsport yang menyasar pasar anak muda. Gawai edisi BMW Motorsport ini biasanya dari model-model premium.

Belum diketahui HP apa yang akan dibawa iQOO sebagai permulaan di Indonesia. Meski demikian, tampaknya brand ini akan fokus pada HP gaming untuk pasar anak muda dan gawai kelas premium.

Itulah beberapa informasi dan penjelasan apa itu iQOO. Kita nantikan apakah iQOO akan menghadirkan HP gaming ke Indonesia atau malah smartphone premium lainnya. (Suara.com/ Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Vivo Resmi Jadi Official Exclusive Supplier of Mobile Phones Asian Games Hangzhou 2022