Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 26 Oktober 2022 | 17:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendadak jadi sorotan saat mendampingi Presiden Joko Widodo. Rekaman bunyi nada dering atau ringtone Nokia yang berbunyi saat mendampingi Jokowi akhirnya viral di media sosial hari ini, Rabu (26/10/2022).

Sempat ramai dan viral di media sosial, video rekaman pria yang sering dipanggil Pak Bas ini tengah mendampingi Presiden Jokowi dalam sebuah wawancara.

Namun mendadak ringtone Nokia dari HP milik Pak Bas berbunyi dengan kencang. Hal ini yang menjadi sorotan netizen hingga ramai membahas HP apa yang digunakannya.

Dikutip tim HiTekno.com dari Suara.com,  dalam video viral itu terdengar bunyi ringtone HP milik Pak Bas, sapaan akrab Menteri Basuki, ketika Presiden Jokowi sedang berbicara kepada media.

Dering ringtone itu sendiri sangat familiar, karena merupakan suara khas HP Nokia. Netizen pun ramai mencari tahu apakah Pak Bas memakai HP Nokia lawas?

Sontak saja video viral di media sosial tersebut disebarkan oleh netizen di berbagai dengan beragam komentar yang rata-rata memuji kesederhanaan Menteri PUPR tersebut karena masih menggunakan featured phone alih-alih smartphone seperti pejabat lainnya.

Pak Bas dan HP Nokia andalannya memang sudah terkenal. Ia sempat beberapa kali memamerkan HP Nokia miliknya kepada awal media dan HP itu sendiri sering menjadi bintang di kanal-kanal media sosial resmi Kementerian PUPR.

HP Nokia Menteri PUPR

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte memamerkan HP Nokia mereka pada Oktober 2019 lalu. [Instagram/Kemenpupr]

Salah satu yang paling dikenang adalah ketika Pak Bas pada 2019 lalu dengan bangga menunjukkan HP Nokianya yang mirip dengan HP milik Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte.

Saat itu, Pak Bas dan Rutte berfoto bersama sambil memamerkan HP masing-masing.

Lalu HP Nokia apa sih yang dipakai Pak Bas? Menurut Hitekno.com, jika melihat tampilan dan ringtone-nya, Menteri Basuki menggunakan Nokia 216. HP ini sebenarnya tidak jadul-jadul amat.

Versi terbaru Nokia 216 diluncurkan pada 2016 lalu. Tetapi kini Nokia tak lagi memproduksi featured phone tersebut.

Nokia 216 memiliki layar 2,4 inci dan RAM 16 GB. Selain itu, HP ini sudah punya layar berwarna dan rintone polyphonic. Ia memiliki satu kamera depan dan satu kamera belakang. Kedua kamera itu sama-sama punya resolusi VGA.

Harga Nokia 216 milik Pak Bas itu, jika melihat di beberapa toko online saat ini, berkisar di angka Rp 250.000.

Nostalgia Dengar Ringtone HP Basuki Hadimuljono Saat Dampingi Jokowi, Netizen: Nokia The Legend

Ringtone HP Basuki Hadimuljono. (twitter/triwul82)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Basuki Hadimuljono menggegerkan publik usai ringtone HP miliknya terdengar dalam video wawancara Jokowi.

Begitu identik dengan HP jadul yang populer pada masanya, rekaman video ini langsung viral di media sosial dalam waktu singkat usai diunggah ke Twitter oleh akun @triwul82.

"Nada dering HP-nya Pak Bas" cuit akun Twitter tersebut.

Dalam video yang beredar di Twitter ini, Basuki Hadimuljono terlihat mendampingi Jokowi saat berkunjung ke Ibu Kota Nusantara pada Selasa (25/10/2022) lalu.

Di tengah wawancara ini, mendadak HP milik Basuki Hadimuljono berbunyi karena menerima panggilan. Buru-buru, sosok menteri yang dikenal kocak ini langsung mematikan HP miliknya.

Setelah penggalan video tersebut menjadi viral, netizen ramai-ramai menyoroti bunyi ringtone HP Basuki Hadimuljono. Pasalnya, bunyi notifikasi tersebut hanya ada di beberapa HP jadul dari brand Nokia yang diketahui cukup sulit ditemui di era gempuran Android dan iPhone.

Itulah keramaian netizen bahas ringtone Nokia dari HP Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mendampingi Presiden Jokowi. (Suara.com/ Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Nokia X600 Pakai Snapdragon 8 Gen 2 Baterai 8500 mAh dan Kamera 200MP?