Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 26 Oktober 2022 | 18:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Apple memastikan kalau iPhone akan menggunakan port USB type C, bukan lagi Lightning yang selama ini mereka gunakan.

Hal ini lantaran Apple harus mengikuti aturan baru yang diberlakukan Uni Eropa soal standarisasi port pengisian daya smartphone dan alat elektronik lainnya.

Karena aturan baru Uni Eropa ini, Apple akhirnya secara terpaksa menggunakan USB type C pada iPhone mereka. Setelah bertahun-tahun bersikukuh menggunakan port Lightning.

Dikutip tim HiTekno.com dari laporan Suara.com, setidaknya iPhone yang dijual di Eropa nantinya tak akan dilengkapi Lightning yang jadi ciri khas Apple.

Kepala pemasaran Apple, Greg Joswiak kepada The Wall Street Journal mengatakan pihaknya tak punya pilihan lain selain mengikuti aturan yang kini berlaku di Eropa tersebut.

"Jelas kami harus patuh, kami tak punya pilihan," kata Joswiak, seperti dilansir The Verge dari WSJ.

Meski demikian Joswiak enggan memberikan jawaban ketika ditanya apakah kabel charger iPhone yang dijual di luar Eropa akan juga berteknologi USB Type C atau tidak.

Lightning, USB C atau USB Type-C, Micro USB atau USB Type-B. (Pixabay)

Aturan Baru Uni Eropa Soal USB Type C

Sebelumnya pada awal Oktober ini Parlemen Eropa telah sepakat menetapkan USB Type C sebagai kabel standar untuk charger smartphone, kamera dan tablet.

Aturan yang berlaku mulai akhir 2024 mendatang itu bertujuan untuk mengurangi sampah elektronik. Dengan kata lain, semua smartphone, kamera dan tablet yang dijual setelah aturan itu berlaku harus memiliki charger USB Type C.

Sementara setelah 2026 nanti, aturan penyeragaman charger itu akan juga berlaku untuk perangkat laptop.

Meski demikian aturan charger USB Type C itu tidak akan berlaku untuk smartphone dan perangkat elektronik lain yang dijual sebelum 2024.

Sayangnya tidak ketahui apakah Apple akan menggunakan USB type C juga pada iPhone di luar Eropa, atau tetap bertahan dengan Lightning. (Suara.com/ Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Alasan Upgrade ke iPhone 15: Makin Kencang, Baterai Awet, dan Fiturnya Makin Canggih