Minggu, 28 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 02 November 2022 | 15:18 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Find My Device atau Temukan Perangkat Saya memungkinkan kamu melacak, mengunci, dan menghapus data dari jarak jauh pada smartphone yang hilang atau dicuri.

Kamu juga dapat melihat sisa masa pakai baterai di smartphone dan jaringan Wi-Fi yang terhubung dengannya.

Ada cara beberapa lain untuk melacak smartphone yang hilang, tetapi Find My Device adalah opsi termudah, dan ini diaktifkan di semua smartphone.

Find My Device alias Temukan Perangkat Saya ini adalah bagian dari Google Play Protect dan Layanan Play yang lebih luas, rangkaian utilitas yang dirancang untuk melindungi smartphone dari konten berbahaya.

Google memanfaatkan teknologi ini untuk memindai dan memverifikasi aplikasi yang terpasang di smartphone.

Sebelum mengetahui cara pakai Find My Phone, penting untuk mengetahui apakah smartphone kamu sudah mendukung atau belum.

Jika kamu memiliki perangkat yang menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich atau yang lebih baru, kamu dapat menginstal Temukan Perangkat Saya.

Namun ada juga beberapa smartphone yang sudah dilengkapi dengan Find My Phone sebagai fitur bawaan. Berikut cara pakai fitur Temukan Perangkat Saya yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Pakai Find My Phone

Cara ini berlaku untuk perangkat Android dari Google, Huawei, Xiaomi, dan sebagian besar lainnya kecuali Samsung, yang menggunakan proses berbeda.

• Nyalakan perangkat.
• Buka Pengaturan dan pastikan Wi-Fi atau Data seluler diaktifkan (atau keduanya).
• Ketuk Google > Akun Google.
• Nama dan alamat Gmail kamu akan ditampilkan di bagian atas halaman.
• Ketuk Keamanan & lokasi. Di beberapa smartphone, kamu mungkin perlu mengetuk Google > Keamanan atau Google > Temukan Perangkat Saya.
• Di bawah Temukan Perangkat Saya, terdapat opsi on dan off. Jika tidak aktif, ketuk Temukan Perangkat Saya dan alihkan saklar ke Aktif.
• Kembali ke Keamanan & lokasi dan gulir ke bawah ke bagian Privasi.
• Di bawah Lokasi, terdapat opsi on dan off. Jika tidak aktif, ketuk Lokasi dan alihkan saklar ke Aktif. Di sini, kamu dapat melihat permintaan lokasi terbaru dari aplikasi di smartphone kamu.
• Secara default, smartphone kamu terlihat di Google Play. Untuk memeriksa status perangkat kamu di Google Play, buka play.google.com/settings. Di halaman itu, kamu akan melihat daftar perangkat. Di bawah Visibilitas, pilih Perlihatkan di menu.

Catatan: Mengaktifkan layanan lokasi akan menghabiskan masa pakai baterai. Informasi lokasi perangkat tidak diperlukan untuk mengunci dan menghapus perangkat kamu dari jarak jauh.

Itulah cara pakai Find My Phone di HP Android yang bisa kamu coba. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

3 Tips Memaksimalkan Samsung Galaxy M34 5G untuk Content Creator