Minggu, 21 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 03 November 2022 | 08:17 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Alibaba Cloud kenalkan produk komputer cloud terbarunya, Wuying Cloudbook yang ditenagai oleh Wuying Architecture. Perangkat ini dikenalkan pada gelaran Apsara Conference, acara tahunan Alibaba Cloud yang berlangsung di Hangzhou, China pada 3-5 November 2022.

Wuying Cloudbook dibuat untuk para perusahaan guna memberikan kinerja komputasi yang tak terbatas untuk membantu mereka meningkatkan keamanan data, sekaligus meningkatkan efisiensi biaya, dan menfasilitasi kolaborasi dalam pengaturan kantor hybrid yang semakin beragam.

Dideskripsikan dengan tingkat keamanan, skalabilitas dan kompabilitas yang tinggi yang merupakan ciri khas dari cloud, Wuying Cloudbook memungkinkan para pengguna untuk sepenuhnya memanfaatkan kekuatan komputasi awan dan meminimalisir beban kerja di perangkat lokal pada saat yang bersamaan.

Para pengguna juga bisa meningkatkan atau menurunkan daya komputasi dan penyimpanan untuk memenuhi permintaan mereka sesuai keinginan dan kebutuhan, menghilangkan batasan kapasitas dalam menjalankan perangkat lunak skala besar, seperti perangkat lunak rendering video, dan menikmati pengalaman interaktif real-time dengan rendah latensi dan gambar berkualitas tinggi.

Wuying Cloudbook mendukung penyimpanan yang aman dan volume transmisi sumber daya perusahaan yang besar dengan memusatkan dan mengelolanya di cloud. Hal ini mengatasi tipikal tantangan keamanan di lingkungan perusahaan, seperti hilangnya data dan rentannya perangkat lokal, sekaligus memungkinkan pengguna untuk mengakses sumber daya perusahaan kapan saja, dimana saja.

Wuying Cloudbook juga memperluas batasan kolaborasi, memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa sistem operasi termasuk Windows, Linux, atau Android pada saat bersamaan.

Sebagaimana perangkat lunak tersebut juga digunakan dan berjalan di cloud, maka tidak diperlukan untuk mengunduh dan menginstal perangkat lunak di perangkat lokal, meminimalkan kebutuhan kapasitas penyimpanan dan konsumsi baterai perangkat lokal. Wuying Cloudbook adalah sebuah pilihan yang ideal untuk kerja jarak jauh, outsourcing, dan kolaborasi antar tim di lokasi yang berbeda.

Wuying Cloudbook. (Alibaba Cloud)

Skalabilitas, keamanan dan fleksibilitas Wuying Cloudbook didukung oleh Wuying Architecture dari Alibaba Cloud, yang mana diciptakan untuk mengoptimalisasi kolaborasi beban kerja antara cloud dan perangkat lokal.

Arsitektur terdepan di industrinya ini, kompatibel dengan berbagai perangkat mulai dari laptop dan tablet hingga perangkat keras apa pun yang menuntut daya komputasi yang kuat. Memanfaatkan arsitektur ini, para pengguna dapat mengakses daya komputasi dan kapasitas penyimpanan tanpa batas di terminal komputasi mana pun.

"Wuying Architecture adalah ekstensi yang kuat dan perluasan dari tempat kerja. Ini membantu perusahaan untuk meningkatkan fleksibilitas dan meningkatkan efisiensi operasional. Memanfaatkan kemampuan dan alat keamanan data berbasis cloud, Wuying memberikan jaminan tambahan untuk menjaga keamanan informasi perusahaan," kata Jiangwei JIANG, Senior Researcher and General Manager of Infrastructure Products, Alibaba Cloud Intelligence. 

"Berkat kompatibilitasnya, Wuying Architecture membawa berbagai manfaat dari komputasi awan kepada brand perangkat keras, vendor dan perusahaan perangkat lunak, dan juga pengguna individu." lanjutnya.

Wuying Cloudbook, yang akan didemonstrasikan di area pameran di Apsara Conference Alibaba Cloud, menampilkan bodi ultra-tipis dengan kedalaman hanya 13.9mm dan layar sentuh 14 inci.

Dengan tambahan baru ini, Alibaba Cloud kini menawarkan komputasi awan dalam bentuk kartu, box, PC all-in-one, laptop, dan aplikasi Desktop-as-a Service (DaaS).

Pengalaman pengguna dengan Wuying: Otomotif dan Edukasi

Di Tiongkok, IM Motors, sebuah perusahaan kendaraan listrik cerdas, adalah perusahaan pertama di industri otomotif yang mengadopsi Wuying dalam desain produk.

Pada tahap R&D, tim di lokasi yang berbeda perlu berkolaborasi secara erat. Menggunakan Wuying, dokumen desain dapat diakses oleh banyak tim di beberapa lokasi.

"Industri otomotif secara tradisional sangat bergantung pada kolaborasi offline, karena workstation skala besar diperlukan untuk banyak proses kerja. Wuying adalah mimpi yang menjadi kenyataan bagi sektor kami. Tidak hanya menawarkan kekuatan komputasi yang diperlukan untuk mendukung beban kerja yang intens, tetapi juga mengurangi kekhawatiran kami seputar keamanan data saat mentransmisikan dan berbagi file desain yang bersifat rahasia, memungkinkan kami untuk memusatkan perhatian pada desain itu sendiri," kata Jiao XIANG, Direktur Eksekutif Pusat Penelitian Intelijen, IM Motors.

East China Normal University adalah salah satu pengadopsi awal Wuying dalam pendidikan. Komputer cloud telah menggantikan ruang server tradisional dalam proyek penelitian, memungkinkan siswa untuk mengerjakan proyek mereka dengan lancar saat mereka berpindah dari laboratorium ke ruang kelas dan asrama, karena data penelitian telah dipusatkan di cloud. Efisiensi penelitian juga telah sangat ditingkatkan dengan menjalankan analitik data di cloud.

"Mode penelitian secara mobile yang ditawarkan oleh Wuying ini telah terbukti sangat berharga bagi para profesor dan mahasiswa. Laboratorium on-the-cloud menyediakan daya komputasi tak terbatas, mengatasi keterbatasan latensi dan bandwidth dalam pengaturan lokal. Selain itu, ini adalah layanan 24/7 yang kuat, yang membantu kami memperoleh hasil penelitian dalam waktu yang jauh lebih singkat," kata Wei WANG, profesor School of Data Science and Engineering, East China Normal University.

BACA SELANJUTNYA

Google Disinyalir akan Sajikan Layanan Cloud Gaming via Youtube