Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 08 November 2022 | 16:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Youtube Shorts setelah sebelumnya hadir di aplikasi di smartphone, kini makin diperluas lagi. Karena kini konten video Youtube Shorts bisa disaksikan melalui smart TV.

Awalnya memang Youtube Shorts hanya bisa dinikmati pengguna melalui aplikasi di smartphone. Kemudian diperluas bisa ditonton melalui web dan paling baru melalui aplikasi YouTube di smart TV.

"Hari ini, kami memperluas akses menonton Shorts ke platform kami yang paling cepat berkembang yakni TV," kata Chief Product Officer YouTube Neal Mohan dikutip dari unggahan blog resmi YouTube, Selasa (8/11/2022).

UX Directors YouTube Brynn Evans serta Melanie Fitzgerald dalam blog yang sama mengungkapkan jalan panjang YouTube untuk menghadirkan Shorts ke TV.

Salah satu penyebabnya karena tampilan Shorts yang vertikal rasanya nampak tidak pas dengan tampilan TV yang horizontal.

Pendapat penonton dan kreator Youtube Shorts juga memainkan peranan yang penting untuk menghadirkan konten video pendek itu di layar smart TV

.

Youtube Shorts ditonton lewat smart TV. (YouTube)

Menariknya ternyata banyak dari pengguna fitur Shorts yang menantikan kehadiran Youtube Shorts di smart TV.

"Ada keuntungan yang menarik dari menonton Shorts di layar yang horizontal. Mereka lebih mudah ditonton bersama dan memberikan pengalaman yang lebih nyaman," ungkap kedua UX Directors itu.

Alasan YouTube menghadirkan Shorts di TV pun semakin kuat ketika ternyata Shorts dinilai pengguna bisa memberikan pengalaman menyenangkan untuk mengatur tontonan menggunakan remot.

Dibandingkan mengandalkan fitur Autoplay, dalam survei itu banyak pengguna yang menantikan pengalaman memutar Shorts secara manual menggunakan remot TV sehingga membuat layanannya terasa lebih interaktif.

Setelah berhasil menemukan formula desain tampilan yang tepat, akhirnya YouTube memutuskan untuk menghadirkan Shorts di TV.

Layanan ini akan dirilis secara bertahap dalam beberapa pekan ke depan di model-model smart TV yang mulai dirilis 2019 hingga keluaran terbaru.

Itulah laporan terkini dari hadirnya konten Youtube Shorts ke smart TV setelah lama dinanti-nantikan. (Suara.com/ Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Gandeng Datascrip, Dahua Hadirkan Android Smart TV ke Indonesia