Minggu, 29 Januari 2023
Agung Pratnyawan : Kamis, 10 November 2022 | 15:43 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara backup WhatsApp tanpa Google Drive ini bisa kamu gunakan untuk mengamankan chat-chat penting. Ikuti tutorial WhatsApp yang telah dirangkum tim HiTekno.com berikut ini.

Kamu bisa menggunakan cara backup WhatsApp tanpa Google Drive ini dengan mudah walaupun kamu sedang tidak terhubung dengan jaringan internet. Tapi bagaimana bisa melakukannya?

Backup data WhatsApp atau mencadangkan file WhatsApp menjadi salah satu hal penting yang harus kamu lakukan. Untuk mengamankan media dan chat kamu. Sudah pasti banyak data penting yang tersimpan di WhatsApp seperti informasi tentang sekolah, pekerjaan, bisnis, dan lainnya.

Nah untuk berjaga-jaga, khawatir data chat, video, foto, document, audio, stiker dari aplikasi WhatsApp kamu mengalami kerusakan atau hilang kamu perlu melakukan sebuah tindakan pencegahan.

Yakni dengan cara backup data WhatsApp dengan melakukan mentransferkan data dari aplikasi WhatsApp kamu tersebut.

Selain itu cara backup WhatsApp tanpa Google Drive ini juga bisa kamu gunakan untuk memulihkan percakapan dan histori pesan WhatsApp jika kamu menggunakan HP baru atau menghapus data WhatsApp dengan reset ke setelan pabrik pada HP kamu.

Cara backup WhatsApp tanpa Google Drive ini termasuk cara manual yang paling mudah dan cepat untuk kamu lakukan karena melalui cara ini kamu hanya perlu copy paste file WhatsApp kamu ke memori penyimpanan.

Untuk tempat penyimpanannya kamu bisa menggunakan memori eksternal, flashdisk atau komputer. Kelebihan dari cara backup WhatsApp tanpa Google Drive ini kamu tidak memerlukan akun google dan sambungan jaringan internet.

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay)

Cara Backup Whatsapp Tanpa Google Drive

Cara backup WhatsApp tanpa Google Drive bisa kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkah tutorial WhatsApp berikut ini :

  1. Hal pertama yang harus kamu pastikan adalah buka menu Setelan WhatsApp > Setelan > Chat > Cadangan chat
  2. Pilih opsi "Jangan Pernah" pada pilihan opsi Cadangkan ke Google Drive, jadi setelah memilih opsi  tersebut kamu tidak akan melakukan backup data WhatsApp kamu ke Google Drive, dan hanya akan melakukan backup data WhatsApp langsung ke Penyimpanan Internal / Kartu SD eksternal pada HP kamu saja
  3. Setelah itu buka menu File Manager yang ada pada HP kamu
  4. Kemudian cari folder WhatsApp, biasanya folder WhatsApp terletak di Penyimpanan Internal tapi jika folder WhatsApp tidak ada di penyimpanan internal itu berarti folder WhatsApp kamu terletak di Kartu SD eksternal
  5. Copy satu folder WhatsApp tersebut
  6. Selanjutnya kamu bisa paste folder WhatsApp tersebut di tempat penyimpanan yang kamu inginkan bisa di Kartu SD eksternal
  7. Selesai! Kini kamu telah berhasil melakukan backup seluruh data WhatsApp yang ada pada HP kamu ke Kartu SD eksternal. Jika kamu backup seluruh folder WhatsApp, maka otomatis semua foto, video termasuk pesan pada aplikasi WhatsApp kamu akan terbackup dengan aman.

Backup Data WhatsApp

Itulah cara backup WhatsApp tanpa Google Drive yang bisa kamu coba dengan mudah, jadi jangan lupa untuk melakukan backup folder WhatsApp kamu tersebut sebagai cadangan secara berkala ya, agar jika suatu saat HP kamu error atau terjadi kendala lainnya, WhatsApp akan membaca folder WhatsApp yang kamu backup tersebut secara otomatis.

HP kamu akan menyimpan file backup lokal yang dibuat dalam tujuh hari terakhir. Proses backup lokal akan secara otomatis dibuat setiap hari pukul 02.00 dan disimpan sebagai file pada HP kamu.

Jika data tidak disimpan di folder Kartu SD eksternal, kamu bisa menemukannya di folder penyimpanan internal atau penyimpanan utama.

Manfaatkan cara backup WhatsApp tanpa Google Drive tersebut dengan baik. Selamat mencoba tutorial WhatsApp di atas.

BACA SELANJUTNYA

3 Cara Mudah Mengirim Chat WhatsApp ke Nomor Sendiri, Pilih paling Mudah