Jum'at, 03 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Rabu, 16 November 2022 | 10:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi sempat mencuri perhatian ketika mendampingi Presiden Jokowi di KTT G20 Bali. Penampakan HP Menlu Retno Marsudi mendadak curi atensi netizen.

Bagaimana tidak, Menlu Retno Marsudi tidak menggunakan HP flagship terkini seperti iPhone maupun Samsung. Melainkan menggunakan HP jadul keluaran Blackberry.

Nampak HP jadul yang digunakannya dalam KTT G20 tersebut bukan bukan perangkat biasa, diduga adalah HP Blackberry keluaran tahun 2018.

Penampakan HP Jadul Menlu Retno Marsudi ini mendadak ramai usai beberapa video dirinya diunggah akun TikTok hingga viral di media sosial.

"HPnya bu Mentri bukan main! Anak sekarang gak tau nih brand," tulis akun Tiktok mizaaarr yang membagikan video viral tersebut.

Akun TikTok lainnya pun menggunggah rekaman tersebut hingga membuat video viral di media sosial ini makin ramai.

Dalam unggahan yang sudah ditonton lebih dari 3 juta kali tersebut, Retno tampil mentereng dengan kemeja berwarna kuning. Ia nampak berpindah tempat menuju ke belakang Presiden Jokowi.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi memakai HP Blackberry. (TikTok/ @mizaaarr)

Saat berpindah tempat inilah potret HP jadul yang dikenakan oleh Menlu Retno Marsudi terlihat. Terlebih dirinya juga berpose mengaitkan tangan dan meemperlihatkan bagian belakang hp yang dipakai.

Pemilik video pun memperbesar gambar sehingga memperlihatkan dengan jelas logo HP yang dipakai oleh Retno. Bukan logo apel tergigit, melainkan logo Blackberry.

Sontak saja banyak netizen yang terkejut melihat sosok sekelas Menteri Luar Negeri memakai HP yang disebut jadul ini. Julukan jadul ini diberikan lantaran kini HP Blackberry telah berhenti diproduksi.

Beberapa netizen juga menduga bila HP jadul yang dipakai oleh Retno merupakan tipe Blackberry Keytwo bila dilihat dari desain bagian belakang.

Namun belum diketahui pasti apakah seri HP jadul tersebut merupakan Blackberry Keytwo atau Blackberry keytwo LE.

HP ini masih bisaa beroperasi lantaran telah menggunakan sistem operasi Android dan bukan sistem operasi bawaan dari Blackberry.  Tak sedikit netizen yang memuji pilihan HP Retno ini karena dianggap memiliki keamanan terbaik

Diklaim Anti Sadap

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi memakai HP Blackberry. (TikTok/ @mizaaarr)

Beberapa netizen mengklaim HP Blackberry Keytwo yang digunakan Menlu Retno Marsudi ini punya keamanan tinggi, bahkan disebut-sebut tidak bisa disadap.

Seorang netizen menulis, "Yang gue tahu banyak CEO atau bos gede pake Blackberry soalnya tingkat sekuriti anti hack dan firewall berlapis-lapis dibandingkan android dan IPhone."

"Tapi klaimnya BB emang gitu kan, satu-satunya sistem HP yang gak bisa disadap," tambah netizen lain.

Selain itu tak sedikit netizen yang mengaku nostalgia melihat brand HP ini lantaran dulu begitu populer terlebih di kalangan anak muda.

Netizen tersebut menulis, "Saat dulu, kalo buka FB trus ada tulisan menggunakan Blackberry berasa keren banget."

"Sebelum Iphone menyerang, anak-anak jaman dulu rebutan pengen dibeliin BB," celetuk netizen yang berbeda.

Itulah video viral di media sosial, penampakan HP jadul Menlu Retno Marsudi. Perangkat HP Blackberry yang digunakannya memang bukan sembarang smartphone. (Mamagini/ Rafidah Raihany)

BACA SELANJUTNYA

12 Iklan Jadul HP Nokia, Lihat Desain Unik yang Tak Lagi Ada di Masa Sekarang