Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 17 November 2022 | 19:28 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - CEO Apple Tim Cook menjelaskan bahwa dia ingin Apple mendiversifikasi lokasi di mana prosesor perusahaan yang sangat penting dibuat untuk perangkatnya. 

Saat ini, Apple merancang chipnya dan memiliki komponen aktual yang diproduksi di Taiwan oleh TSMC pengecoran chip terbesar di dunia. 

Masalahnya adalah kekhawatiran terus tumbuh tentang kemungkinan serangan terhadap Taiwan oleh China. 

Dilansir dari Phone Arena, Presiden AS Joe Biden telah mengatakan bahwa AS akan membantu Taiwan jika China bergerak di negara itu. TSMC berencana memindahkan produksi chip 3nm ke Amerika Serikat

TSMC membuat semua chip mutakhirnya di Taiwan meskipun fasilitas fabrikasi TSMC di AS akan online pada tahun 2024.

Awalnya TSMC mengatakan bahwa pabrik di Phoenix, Arizona akan memproduksi chip 5nm tetapi laporan baru mengatakan bahwa Apple dan TSMC berbicara tentang memindahkan produksi chip 3nm ke AS.

iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. (Erajaya)

Semakin kecil yang disebut nomor "node proses", semakin kecil transistor yang digunakan pada sebuah chip.

Ini penting karena transistor yang lebih kecil akan memungkinkan sejumlah besar dari mereka untuk dimasukkan ke dalam komponen.

Dan biasanya semakin besar jumlah transistor yang digunakan dalam sebuah chip, semakin kuat dan hemat energinya.

Pertimbangkan bahwa 7nm A13 Bionic yang digunakan untuk memberi daya pada iPhone 11 dilengkapi dengan 8,5 miliar transistor.

A16 Bionic yang ditemukan di dalam iPhone 14 Pro dan iPhone Pro Max adalah chip 4nm yang membawa hampir 16 miliar transistor.

Cook berkata kepada karyawan Apple, "Kami telah membuat keputusan untuk membeli dari pabrik di Arizona, dan pabrik di Arizona ini dimulai pada tahun '24, jadi kami memiliki sekitar dua tahun di depan kami untuk yang satu itu, mungkin sedikit kurang. Dan di Eropa, saya yakin kami juga akan bersumber dari Eropa karena rencana itu menjadi lebih jelas."

BACA SELANJUTNYA

Hello Store Kini Jadi Tempat Servis iPhone, iPad, dan Mac