Rabu, 24 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 02 Desember 2022 | 19:08 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dapat memperlihatkan sesuatu yang sedang tren pada saat itu. Sebuah foto lawas mengenai toko kaset pada tahun 1980-an ini berhasil menarik perhatian netizen.

Pengguna Facebook dengan akun bernama Pri Hartanto membagikan foto yang memperlihatkan suasana toko jadul melalui forum Indonesia Tempo Doeloe.

Generasi kekinian mungkin familiar dengan aplikasi streaming musik seperti Spotify, Resson, Apple Music, YouTube Music, Joox dan lain-lain.

Mereka tinggal membayar biaya berlangganan dan dapat mengakses puluhan ribu hingga jutaan lagu melalui aplikasi.

Namun ketika konektivitas internet masih belum merata dan sangat jarang, generasi lawas memanfaatkan kaset dan kepingan CD untuk mendengarkan musik. Mereka juga tak asing dengan pita kaset yang dapat menyimpan data lagu di dalamnya.

Foto jadul toko kaset di era lawas ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Pri Hartanto via Indonesia Tempoe Doeloe)

"Suasana toko kaset Duta Suara yang terletak di Jalan Sabang Jakarta sekitar tahun 1986. Di saat era kaset lagi jaya-jayanya, saat itu, jangankan beli kaset, sekedar lihat-lihat cover kasetnya udah seneng banget, apalagi numpang dengerin lagu," tulis Pri Hartanto pada keterangan dalam unggahannya.

Foto jadul memperlihatkan beberapa orang yang sedang mendengarkan musik menggunakan headphone. Sebagian lain nampak berdiri dan memilih deretan kaset yang tersusun rapi pada rak. Netizen mengenang momen ketika mereka dapat merekam lagu dengan kaset pita.

Terdapat momen unik ketika generasi lawas pernah merekam kaset memanfaatkan tape recorder. Ada pula netizen yang mengingat masa-masa ketika mereka mengoleksi kaset berisi lagu dari Phil Collins, Queen, Metallica, Earth Wind & Fire, Genesis dan band musik legendaris lainnya.

Postingan foto jadul mengenai toko kaset di tahun 1980-an ini menarik perhatian setelah memperoleh lebih dari 1.600 tanda suka dan mendapatkan ratusan komentar dari netizen.

Foto jadul toko kaset di era lawas ini menarik perhatian netizen. (Facebook/ Pri Hartanto via Indonesia Tempoe Doeloe)

Tak sedikit netizen yang mengenang masa ketika kaset jadul masih dijual seharga ratusan hingga ribuan rupiah. Sebelum era digital, kaset pita pernah berjaya pada puluhan tahu lalu. Foto jadul toko kaset di tahun 1980-an ini memancing beragam komentar dari netizen.

"Rindu saat pedagang kaset pita dan pedagang buku penuh ramai di pinggir jalan. Oh iya dulu saya suka iseng-iseng record suara pake Walkman. Bodohnya pakai kaset isi lagu kakak saya, ujung-ujungnya suka dimarahin sama kakak," kenang Suh*rt*.

"Ingat kalau pita kasetnya suka ngruwel," kata Su**n* S*j**o.

Ilustrasi kaset pita. (Pixabay/ ratpink)

"Ini toko kaset paling lengkap di Jakarta. Masih ingat dulu beli kaset-kaset grindcore yang enggak masuk ke Indonesia, tapi ada di sini..hehe," komentar H**ry Ed**rd.

"Pernah beli kaset pita harganya masih Rp 2.500. Favorit beli musik heavy metal seperti Metallica, Halloween, King Diamond, MotleyCrue dll..," pendapat J** El*k.

Itulah tadi foto jadul toko kaset di tahun 1980-an yang bikin netizen nostalgia, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Nia Ramadhani Ngaku Punya Penampilan Awet Muda, Netizen Beri Komentar Nyinyir Begini