Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 07 Desember 2022 | 20:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara mengatur jarak baris di Microsoft Word ini beguna untuk kamu merapikan dan membuat tampilan dokumen lebih baik. Manfaatkan tutorial Microsoft Word yang telah dirangkum tim HiTekno.com ini.

Pernah menemukan file atau dokumen yang saat membacanya tidak enak dipandang? Bisa saja salah satu masalahnya adalah pada spasi atau jarak baris.

Berikut ini cara mengatur jarak baris di word agar lebih enak dibaca dan membuat lebih rapi dokumen kamu. Manfaatkan bagi kamu yang sering berurusan dengan dokumen teks.

Jika kamu sering menulis untuk karya ilmiah seperti skripsi, tesis dan dokumen-dokumen resmi maka setiap penulisan memiliki format yang harus diikuti terutama untuk bagian pengaturan jarak antar baris atau spasi.

Microsoft Word sendiri telah memberi pengaturan default spasi sebesar 1.15 namun jika kamu ingin melakukan penyesuaian, maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut.

Microsoft Word. (Microsoft)

Cara Mengatur Jarak Baris

  • Aktifkan tab Home, klik tanda anak panah di sudut kanan bawah pada grup paragraph
  • Pada kotak dialog yang muncul, pilih tab Indents and Spacing, ubah jarak spasi yang anda inginkan
  • Pilih bagian Line Spacing atau mengisi kolom At dengan angka spasi yang kamu inginkan
  • Klik Set As Default atau Default (versi 2007), sehingga akan muncul kotak dialog konfirmasi (hanya muncul pada versi 2010 ke atas)
  • Untuk menerapkan pada seluruh dokumen pastikan untuk memilih All documents based on the Normal template, klik OK

Jika spasi atau jarak antar baris sudah bisa kamu atur maka bagaimana cara mengatur jarak antar baris paragraf ?, berikut ini langkahnya.

  • Blok / pilih paragraph yang ingin kamu atur jarak spasi antar paragraph
  • Pilih menu HOME, tekan tanda anak panah yang ada pada sudut kanan bawah menu paragraph
  • Setelah muncul kotak dialog pilih bagian Spacing dengan mengganti nilai pada kolom After
  • Selanjutnya klik OK untuk menerapkan

Dari beberapa cara mengatur jarak baris di word ini tentu akan sangat membantumu ketika ingin menyelesaikan beberapa tulisan karya ilmiah atau skripsi perkuliahan.

Dengan menggunakan trik ini maka kamu sudah bisa membuat beberapa kostum spasi antar baris yang bisa kamu gunakan untuk berbagai macam kepentingan, untuk lebih jelasnya silahkan dicoba.

itlah bagaimana cara mengatur jarak baris dengan mudah yang bisa langsung kamu coba sendiri. Semoga tutorial Microsoft Word di atas bermanfaat. 

BACA SELANJUTNYA

Cara Mengganti Background Kertas di Word, Mudah!