Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 09 Desember 2022 | 13:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setelah mengalami penundaan, akhirnya Xiaomi memastikan tanggal peluncuran MIUI 14. Yakni pada 11 Desember 2022 mendatang bersamaan dengan HP Xiaomi 13.

Dilaporkan sebelumnya, MIUI 14 awalnya dijadwalkan meluncur pada 1 Desember 2022 kemarin. Namun Xiaomi memutuskan menundanya karena adanya kabar wafatnya mantan presiden Tiongkok, Ziang Jemin.

Hingga paling bari akhirnya Xiaomi mengungkap kapan peluncuran update antarmuka MIUI 14 mereka, yakni pada 11 Desember 2022 mendatang.

Masih sama seperti rencana sebelumnya, update MIUI 14 akan diluncurkan bersamaan dengan HP Xiaomi 13 di China.

Dan nantinya Xiaomi 13 akan jadi gawai pertama yang menggunakan antarmuka MIUI 14 berbasis Android 13 ini.

MIUI 14 akan hadir dengan sejumlah pembarua. Sistem antarmuka ini disebut akan jauh lebih ringan dibandingkan para pendahulunya.

Kabarnya HP Xiaomi yang menggunakan MIUI 14 tak lagi akan dibebani oleh iklan bawaan. Selain itu, jumlah aplikasi Xiaomi pada sistem itu akan banyak dipangkas.

MIUI 14. (Xioami via xiaomiui)

Bahkan disebutkan bahwa hanya akan tinggal delapan aplikasi bawaan Xiaomi yang tersedia di MIUI 14.

Selain itu, MIUI 14 juga disebut akan lebih fokus pada fitur. Ini berbeda dengan MIUI 13 yang lebih banyak menekankan pada privasi. Diperkirakan sistem antarmuka baru Xiaomi ini akan datang dengan lebih banyak fitur yang berguna.

Pembaruan lain pada MIUI 14 adalah bahasa desainnya. Disebutkan bahwa sistem ini akan membuat ponsel lebih mudah digunakan dengan satu tangan.

Sejumlah besar HP Xiaomi, termasuk yang bermerek Redmi dan Poco akan memperoleh sistem MIUI 14. Di antaranya adalah keluarga Xiaomi 12, Redmi Note 12 hingga Redmi Note 10, keluarga Poco F3, F4 dan Poco X3.

Meski demikian Xiaomi belum membocorkan jadwal update MIUI 14 untuk jajaran gawainya di dunia. Tentunya akan ada HP Xiaomi yang kebagian, ada juga yang tidak.

Kita nantikan saja sampai Xiaomi benar-benar resmi meluncurkan update MIUI 14 tidak hanya untuk HP Xiaomi 13 saja. Cek juga apakah perangkat kamu juga kebagian pemabruan ini atau tidak. (Suara.com/ Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Siap Rilis di Indonesia, Redmi Note 13 Series Andalkan Kamera 200MP dan 108MP