Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 15 Desember 2022 | 14:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Dr Web, sebuah perusahaan keamanan siber, telah merilis daftar aplikasi berbahaya yang harus segera dihapus dari ponsel.

Beberapa aplikasi masih tersedia di Google Play Store, sehingga penting bagi pengguna untuk memberi tahu orang terdekat tentang bahaya aplikasi tersebut.

Berdasar laporan dari India Today, berikut adalah daftar aplikasi berbahaya yang telah dikeluarkan oleh Dr Web:

1. TubeBox telah diunduh lebih dari satu juta kali. Aplikasi ini menjanjikan uang kepada pengguna yang mengunduhnya, namun uang tersebut justru akan masuk ke tangan para penipu.

2. Fast Cleaner & Cooling Master telah diunduh 500 ribu kali. Aplikasi ini hanya menampilkan iklan dan meluncurkan proxy yang dapat membahayakan ponsel pengguna.

3. Bluetooth device auto connect telah diunduh 1,15 juta kali. Aplikasi ini berisi modul adware yang telah diidentifikasi. Modul tersebut menerima perintah melalui Firebase Cloud Messaging dan memuat situs web berbahaya.

4. Bluetooth and Wi-Fi and USB driver telah diunduh 1,15 juta kali. Aplikasi ini juga memiliki modul adware yang telah diidentifikasi.

5. Volume, Music Equalizer telah diunduh 1,15 juta kali. Aplikasi ini juga memiliki modul adware yang telah diidentifikasi.

Dr Web juga menemukan beberapa aplikasi dengan trojan Android.FakeApp. Aplikasi ini dirancang untuk membuat pengguna berpartisipasi dalam survei, mendaftarkan akun, dan mengirimkan aplikasi untuk mengumpulkan informasi pribadi mereka.

BACA SELANJUTNYA

Mission EVO Rilis di Google Play Store, Game Survival Shooter Terbaru