Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 17 Desember 2022 | 14:19 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara screenshot panjang di browser PC dan laptop ini  berguna untuk menangkap tampilan sebuah situs secara penuh dari atas sampai bawah. Tersedia dua cara yang mudah untuk bisa kamu lakukan di laptop maupun PC.

Ketahui bagaimana membuat screenshot melebihi ukuran halaman pada normalnya. Tak perlu khawatir tak perlu risau kalian bisa melakukan screenshot untuk beberapa halaman ke bawah atau biasa disebut dengan screenshot panjang.

Cara screenshot panjang di browser PC dan laptop ini juga dikenal agar lebih simpel dalam melakukannya hanya dalam satu waktu saja. Mudah dan lengkap sehalaman penuh sampai bawah.

Namun kalian bingung bagaimana cara screenshot panjang di browser PC dan laptop ini? Yuk kita simak langkah-langkah yang telah dirangkum tim HiTekno.com.

Rupanya fitur screenshot panjang ini tidak hanya tersedia di Smartphone saja, bahkan kini fitur screenshot panjang ini bisa kalian nikmati melalui PC maupun laptop. Kalian bisa melakukan screenshot panjang melalui beberapa cara salah satunya yakni menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Screenshot Panjang di Browser PC dan Laptop

Aplikasi Screenshot Panjang di HP. (Google Play Store)

Ada dua metode yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot panjang lengkap dari atas sampai bawah sebuah website. 

Biar tak semakin penasaran, berikut beberapa cara screenshot panjang di browser PC dan laptop yang telah dirangkum oleh Hitekno.com:

1. Aplikasi Awesome Screenshot

Rupanya beberapa orang membutuhkan fitur screenshot panjang ini ketika tengah membuka Browser. Namun di Google Chrome ternyata baru menyediakan fitur Screenshot panjang ini, jadi untuk bisa melakukan screenshot panjang kalian bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yakni "Awesome Screenshot", simak langkah-langkahnya:

  1. Pastikan kalian telah memiliki aplikasi Awesome Screenshot ini, jika kalian belum memiliki install lah dulu aplikasi tersebut
  2. Kemudian bukalah browser Google Chrome, lalu secara otomatis icon "Awesome Screenshot" ini akan muncul di bagian pojok kanan atas
  3. Lalu kunjungi atau masuk ke halaman yang ingin kalian screenshot panjang di browser Google Chrome tersebut
  4. Setelah kalian berada di laman yang kalian tuju lalu klik icon "Awesome Screenshot" tersebut
  5. Lalu akan muncul beberapa menu pilihan ketika kalian mengklik ikon tersebut, kemudian pilih "capture entire page" 
  6. Selain itu kalian juga lebih simpel dengan mengklik keyboard secara kombinasi yakni Ctrl+Shift+E
  7. Kemudian halaman secara otomatis akan menggulir ke bawah dengan sendirinya
  8. Ketika telah mencapai halaman yang kalian maksud lalu klik "done"
  9. Selanjutnya pilihlah menu save pada icon "panah kebawah" yang akan muncul setelah kalian mengklik menu "done"


Aplikasi ini selain bisa melakukan screenshot panjang rupanya juga bisa melakukan screenshot dengan ukuran normal sebagaimana mestinya.

2. Browser Mozilla Firefox

Berbeda halnya dengan Google Chrome rupanya browser Mozilla Firefox ini telah memiliki fitur bawaan untuk bisa melakukan screenshot panjang. Maka secara otomatis kalian tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga, lalu bagaimana caranya? Yuk kita simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Bukalah halaman yang ingin kalian screenshot melalui browser Mozilla Firefox ini
  2. Selanjutnya kalian bisa memilih menu di bagian pojok kanan atas dengan ikon "titik 3"
  3. Kemudian akan muncul beberapa menu pilihan secara pop-up atau mengambang, kalian bisa memilih menu pilihan "take a screenshot"
  4. Setelah layar berubah menjadi warna hitam lalu akan muncul 2 menu pilihan di pojok kanan atas, kalian bisa memilih menu "save full page" untuk melakukan screenshot panjang
  5. Kemudian kalian bisa menyimpan file screenshot panjang ini dengan dua cara, yang pertama kalian bisa melakukan pendownloadan gambar dan yang kedua kalian bisa melakukan copy paste dengan menggunakan aplikasi Photoshop.


Nah itulah beberapa cara screenshot panjang di browser PC dan Laptop yang bisa kalian lakukan agar bisa melakukan screenshot lebih efektif dan efisien. Semoga beberapa syarat diatas bisa membantu kalian ya.

Itulah bagaimana cara screenshot panjang di browser PC dan Laptop dengan mudah. Selamat mencoba semoga berhasil memanfaatkan tutorial di atas.

BACA SELANJUTNYA

Lagi-Lagi Microsoft Sematkan Fitur Baru untuk Bing AI di Edge, Bikin Ogah Balik ke Chrome