Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 20 Desember 2022 | 10:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tethering, atau yang sering disebut sebagai hotspot pribadi, bisa menjadi cara yang sangat berguna untuk membuat perangkat lain (seperti laptop dan tablet) tetap online saat tidak ada Wifi yang tersedia.

Dengan menggunakan tethering ini, kamu bisa membuat beberapa perangkat tersambung ke internet hanya berbekal satu perangkat yang ada paket datanya.

Pengguna Android tidak memiliki masalah yang berarti dengan proses tethering ini. Sebab cara untuk bisa tethering untuk pengguna HP Android sangatlah mudah.

Kamu hanya perlu pergi ke Pengaturan kemudian ke menu Koneksi. Setelah kamu klik menu Koleksi, maka kamu akan menemukan beberapa menu terkait jaringan.

Untuk menjadikan ponsel kamu hotspot pribadi, kamu tinggal klik "Hotspot Seluler dan Penambatan" kemudian klik aktifkan.

Dengan begitu, maka perangkat kamu yang lain bisa "numpang internetan" dengan paket data yang sudah kamu beli di perangkat kamu sebelumnya.

Namun yang berbeda dialami pengguna iPhone. Jarang pengguna iPhone menjadikan ponsel mereka sebagai hotspot pribadi.

Meski jarang, namun bukan berarti itu tidak bisa. Jika dalam kondisi terdesak, kamu juga bisa lho menjadikan iPhone kamu sebagai perangkat tethering

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu gunakan untuk tethering dari iPhone:

1. Klik Pengaturan dengan mengetuk ikon gerigi roda

2. Kemudian, klik opsi “Seluler” untuk mengakses pengaturan jaringan

3. Gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Jaringan Data Seluler” dan klik

4. Kamu akan menemukan semacam formulir kosong untuk mengisi Access Point Name (APN) agar paket data di iPhone dapat mengakses koneksi internet.

5. Pada bagian “Data Seluler”, “Pengaturan LTE”, dan “Hotspot Pribadi”, isi kolom APN dengan nama “internet”, kosongkan kolom “Nama Pengguna” dan “Kata Sandi".

6. Setelah itu, silahkan kembali ke halaman awal Pengaturan. Tunggu beberapa saat hingga opsi “Hotspot Pribadi” muncul.

7. Atur kata sandinya, kemudian klik "Izinkan Akses".

8. Sekarang, iPhone kamu bisa membagikan WiFi dengan perangkat lainnya. Mudah bukan?

Meski demikian, Hitekno.com tidak menyarankan kamu terus menerus menjadikan ponsel sebagai perangkat tethering sebab bisa berpengaruh terhadap kinerja baterai secara keseluruhan.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Huawei MateBook D 16 Terbari Hadir Resmi di Indonesia, Layar Besar namun Ringan