Minggu, 28 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 04 Januari 2023 | 15:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Intel saat ini disebut-sebut sedang membawa kekuatan CPU generasi ke-13 ke laptop melalui lini prosesor mobile-nya.

Dilansir dari Android Authority, Intel telah mengungkapkan Core i9-13980HX-nya. Core i9-13980HX duduk di puncak jajaran prosesor seluler perusahaan, menawarkan 24 core dan kecepatan 5.6GHz.

Ini akan menjadikannya CPU laptop pertama yang mendukung konfigurasi 24 core.

Intel mengklaim bahwa Core i9-13980HX adalah "prosesor mobile tercepat di dunia."

Dan itu membuat kasus yang bagus untuk itu, dilaporkan menjadi 11% lebih cepat daripada 12900HK kelas atas tahun lalu pada tugas single-threaded dan 49% lebih cepat pada tugas multi-threaded.

Meskipun Core i9-13980HX adalah puncaknya, itu bukan satu-satunya bagian dari pengumuman CES Intel.

Perusahaan juga mengungkapkan sisa jajaran HX berkinerja tinggi yang berkisar dari Core i9 hingga Core i5 yang lebih ramah anggaran.

Danau Raptor Generasi ke-13 juga mencakup tiga seri CPU berbeda yang mencakup seri H-, P-, dan U. Chip ini dimaksudkan untuk berbagai laptop mainstream dan bahkan perangkat IoT.

Menurut Engadget, Intel telah memberikan chip prosesor mobile generasi ke-13 Vision Processing Unit (VPU) akselerator AI.

AI dimaksudkan untuk membantu melepaskan sebagian beban prosesor dengan menangani tugas-tugas yang lebih kecil, seperti mengaburkan latar belakang.

Intel juga mengungkapkan sejumlah chip low-end baru yang secara efektif menggantikan lini Pentium dan Celeron perusahaan.

Chip baru adalah bagian dari seri N dan hanya diberi nama Prosesor Intel dan Intel Core i3.

Saat ini, belum ada detail kapan H-, P-, dan U-series akan dirilis. Namun, produsen seperti Acer, Dell, HP, dan lainnya diperkirakan akan meluncurkan laptop dengan chip ini sekitar tahun ini.

BACA SELANJUTNYA

Asus Hadirkan Server dan Motherboard Server Berbasis Intel Xeon E-2400 Terbaru