Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 01 Maret 2023 | 15:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kamera smartphone mengalami peningkatan signifikan dalam 5 tahun terakhir. Produsen chip, Qualcomm, menandatangani kesepakatan khusus dengan Prophesee.

Sebagai informasi, Prophesee merupakan startup yang mengembangkan chip kamera. Qualcomm dan Prophesee bakal bekerja sama untuk membuat kamera smartphone menjadi lebih baik.

Perusahaan akan bersama-sama mengembangkan teknologi smartphone menggunakan chip kamera Prophesee.

Chip ini digadang-gadang mempunyai fitur inovatif. Cukup menarik, chip tersebut terinspirasi dari cara kerja "mata manusia".

Chip hanya memproses perubahan pemandangan, seperti gerakan atau cahaya, bukan seluruh bingkai gambar.

Ilustrasi chip kamera. (Qualcomm)

Dikutip dari Gizmochina, fitur unik ini memungkinkan chip kamera Prophesee menjadi lebih cepat dan membutuhkan lebih sedikit daya komputasi.

Itu menjadikannya ideal untuk digunakan pada smartphone.

Luca Verre, salah satu pendiri, dan CEO di Prophesee, menjelaskan bahwa chip kamera mereka bekerja dengan piksel yang hanya mengirim informasi ke prosesor saat ada perubahan.

Piksel yang melihat tidak ada perubahan tetap dibisukan. Chip terbaru Prophesee memiliki sejuta piksel.

Qualcomm berencana untuk menggunakan chip Prophesee tambahan yang dikombinasikan dengan chip kamera konvensional dalam blueprint smartphone, yang akan dirilis di Mobile World Congress Barcelona.

Rencananya, produksi massal chip akan dimulai tahun depan ketika sistem siap diintegerasikan pada ponsel. Cukup menarik menantikan smartphone apa yang mempunyai chip kamera tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi Capai Pertumbuhan Laba Bersih 126,3 Persen di 2023, Tembus 19,3 miliar RMB