Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 02 Maret 2023 | 15:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Qualcomm Technologies dalam gelaran Mobile World Congress atau MWC 2023 mengumumkan kolaborasi dengan sederet brand dan produsen smartphone ternama. Kolaborasi ini dalam rangka menghadirkan Snapdragon Satellite ke smartphone.

Melalui MWC 2023, Qualcomm mengumumkan kolaborasi Snapdragon Satellite tersebut dengan Honor, Motorola, Nothing, OPPO, vivo dan Xiaomi.

Dengan Snapdragon Satellite, Qualcomm ingin menghadirkan kemampuan komunikasi satelit ke berbagai smartphone.

Snapdragon Satellite adalah solusi pengiriman pesan berkemampuan dua arah berbasis satelit pertama di dunia untuk smartphone.

Teknologi ini menawarkan jangkauan global dari kutub ke kutub dan dapat mendukung pengiriman pesan dua arah untuk penggunaan darurat, SMS, dan aplikasi pengiriman pesan lainnya untuk berbagai tujuan seperti keadaan darurat atau rekreasi di lokasi terpencil, pedesaan, dan lepas pantai.

Solusi ini didukung oleh low-Earth orbiting (LEO) dan konstelasi satelit Iridium yang beroperasi penuh, yang memungkinkan koneksi satelit dengan daya dan latensi rendah menggunakan spektrum L-band yang tahan cuaca.

"Hubungan jangka panjang kami dengan Honor, Motorola, Nothing, OPPO, vivo, dan Xiaomi berakar pada inovasi dan memberikan pengalaman konektivitas yang luar biasa kepada konsumen," jelas Francesco Grilli, Vice President of Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

"Dengan menggabungkan Snapdragon Satellite ke perangkat generasi berikutnya, mitra kami akan dapat menawarkan kemampuan pengiriman pesan satelit berkat konstelasi LEO global yang matang dan tersedia secara komersial, yang memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk berkomunikasi di luar ruangan dengan penyedia layanan darurat, serta keluarga dan teman." lanjutnya.

Snapdragon Satellite akan tersedia di semua 5G Modem-RF systems yang akan datang dan tier Snapdragon Mobile Platform (dari 8- hingga 4-) mengingat ekosistem yang semakin matang.

Di luar smartphone, Snapdragon Satellite diatur untuk diperluas ke kategori perangkat lain di segmen komputasi, otomotif, dan IoT.

Seiring pertumbuhan ekosistem, OEM dan pengembang aplikasi akan dapat membedakan dan menawarkan layanan branded unik dengan memanfaatkan konektivitas satelit.

Snapdragon Satellite dirancang untuk mendukung 5G Non-Terrestrial Networks (NTN), karena infrastruktur dan konstelasi satelit NTN telah tersedia.

Itulah kolaborasi Qualcomm dengan sederet produsen smartphone dalam meluncurkan Snapdragon Satellite dalam gelaran MWC 2023 sebagai teknologi komunikasi satelit di HP.

BACA SELANJUTNYA

Top 10 Ranking Chipset AnTuTu Benchmark 2023, Teratas Bukan Snapdragon