Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 10 Maret 2023 | 09:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat membuat heboh netizen beredarnya video virtex WA yang menyebar melalui platform WhatsApp. Apa yang terjadi jika membuat video virtex WA di HP kamu?

Dilaporkan sebelumnya video virtex WA atau disebut juga video Bjorka ini menampilkan rekaman CCTV seperti pada umumnya.

Namun saat memutar atau membuka video tersebut, HP pengguna mulai mengalami masalah. Seperti dalam beberapa pengakuan netizen, video virtex WA membuat HP error.

Bahkan beberapa mengabadikan kejadiannya dalam postingan video dan dibagikan ke media sosial seperti apa kondisinya.

Masalah yang dikeluhkan usai membuka atau memutar video berisi rekaman CCTV tersebut mulai lag, hang, aplikasi WhatsApp berhenti, hingga HP berhenti total.

Cara Kerja Video Virtex WA membuat HP Error

Video Virtex WA bikin HP error. (Twitter)

Menurut pakar keamanan siber Vaksin.com, Alfons Tanujaya menyebutkan kalau video virtex WA merupakan video murni.

Namun video ini telah dirancang untuk bisa membuat height overflow (arus pemrosesan sangat tinggi) yang membuat HP Android tertentu jadi lag.

Dijelaskan kalau virtex sendiri merujuk pada virtual text bukan virus text, yakni barusan teks atau kode yang membuat pemrosesan sangat tinggi.

Video virtex WA ini memang dirancang untuk memaksa hardware HP bekerja sangat keras. Karenanya bagi HP dengan spesifikasi rendah dan RAM kecil akan bermasalah.

Seberapa Berbahaya Video Virtex WA

Menurut pakar keamanan siber tersebut, video virtex ini memanfaatkan keterbatasan hardware untuk membuat HP error.

Dampaknya membuat HP ngelag, freze, bahkan sampai mati total. Namun menurutnya tidak sampai melakukan pencurian data dan sejenisnya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Menerima Video Virtex WA?

Video virtex WA ini beredar melalui platform WhatsApp. Jika kamu menerima video yang nampak seperti rekaman CCTV tersebut sebaiknya tidak dibuka.

Hapus saja chat dan video yang dikirimkan tersebut dari perangkat HP kamu. Terutama yjika kamu memakai HP dengan RAM kecil.

Namun jika sudah terlanjur untuk membuka video tersebut, pakar keamanan siber ini menyarankan melakukan restart HP. Setelahnya hapus video virtex WA tersebut.

BACA SELANJUTNYA

3 Tips Mendigitalisasi Foto dan Video Momen Lebaran: Pilah, Pilih, Pulih