Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 16 Maret 2023 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Xiaomi akhirnya meluncurkan skin Android kustom terbarunya, MIUI 14. Antarmuka baru ini didasarkan pada Android 13 dan hadir dengan banyak perubahan visual, beberapa fitur baru, dan kolaborasi lintas perangkat yang ditingkatkan.

Xiaomi mengatakan MIUI 14 memiliki ukuran firmware yang lebih kecil dibandingkan dengan MIUI 13 dan hadir dengan arsitektur sistem yang ditingkatkan, untuk kinerja dan efisiensi yang lebih baik. Kira-kira apa saja perbedaannya?

Berikut perbedaan MIUI 14 dan MIUI 13 yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Perbedaan MIUI 14 dan MIUI 13

1. Aplikasi Default Berkurang

Pengguna telah menyatakan ketidaksetujuan mereka dengan sejumlah besar aplikasi pra-instal pada sistem dan Xiaomi telah mendengarkan permintaan untuk menghapus sebagian besar dari aplikasi tersebut. Ini akan menghasilkan kapasitas penyimpanan gratis yang lebih besar dan lebih sedikit alat yang jarang kita gunakan.

2. Kinerja Terbaik

Seperti yang telah disebutkan, salah satu tujuan Xiaomi dengan MIUI 14 adalah untuk meningkatkan kinerja smartphone Xiaomi, Redmi, atau POCO secara drastis dan mereka mengonfirmasi bahwa pembaruan akan membuat perangkat berjalan 50% lebih cepat dari MIUI 13, serta efisiensi energi yang lebih tinggi sebesar 22%. Ini adalah angka yang cukup besar yang harus diperhitungkan karena akan sangat mempengaruhi kecepatan.

3. Menu Baru untuk Widget

Widget adalah alat yang memungkinkan kita mengakses informasi tertentu dari aplikasi yang terinstal di perangkat tanpa harus mengaksesnya. Di MIUI 13 sebuah aplikasi yang dikenal sebagai App Vault, tetapi hanya di ROM versi China. Sekarang, sistem ini hadir di MIUI 14 untuk Xiaomi secara global dengan maksud memberikan banyak cara untuk menyesuaikan layar beranda HP.

4. Pengenalan Teks dalam Foto Galeri

Apple iPhone dengan iOS sebelumnya telah memiliki fitur ini. Sekarang MIUI 14 mengadopsi opsi ini untuk memudahkan kerja di Android. Singkatnya, opsi ini akan mengenali teks gambar di galeri sehingga kamu dapat berinteraksi dengannya. Artinya, kamu dapat menyalin dan menempel konten gambar ke aplikasi lain dengan mudah dan sederhana.

5. Desain

MIUI 14 terbaru hadir dengan perombakan visual yang signifikan. Perusahaan telah membuat perubahan pada ikon dan UI secara keseluruhan. Iconnya besar dan ukurannya bisa disesuaikan. Selain itu, ada juga format widget baru dan folder layar beranda, yang memberi pengguna lebih banyak opsi penyesuaian.

Selanjutnya, perangkat lunak ini menghadirkan widget hewan peliharaan dan tanaman baru. Ini agak mirip dengan aplikasi Pixel Pals untuk iOS. Setelah kamu menambahkan ornamen hewan peliharaan/tanaman di layar beranda, kamu dapat berinteraksi atau bermain dengannya.

Itulah beberapa perbedaan MIUI 14 dan MIUI 13 yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Siap Rilis di Indonesia, Redmi Note 13 Series Andalkan Kamera 200MP dan 108MP