Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 20 Maret 2023 | 17:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Microsoft Office menjadi salat produktivitas yang laris manis. Namun tahukah kamu kini ada Microsoft 365 dulunya bernama Office 365 yang juga menjadi layanan serupa malah lebih lengkap.

Microsoft Office memberimu fitur yang lebih baik daripada alat bawaan macOS dan Linux sebagai aplikasi produktivitas. Microsoft telah mendukung penggunanya dalam pekerjaan produktif dengan menawarkan aplikasi office suite.

Microsoft Office Suite menghadirkan aplikasi terkait kantor seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft PowerPoint, Microsoft Outlook, OneNote, OneDrive, dan lain-lain. Ini adalah aplikasi produktivitas dan membantu kamu dalam banyak hal.

Jika kamu adalah pengguna Windows, kamu tentu sudah tahu tentang Microsoft Office 2021. Microsoft Office 2021 adalah versi terbaru dari Microsoft Office, mungkin yang terakhir. Microsoft telah mengumumkan bahwa Office 2021 akan menjadi versi terakhir dari suite Microsoft Office-nya.

Setelah Office 2021, semua komponen Office akan diganti namanya menjadi Microsoft 365 sebelumnya sempat jadi Office 365. Namun kurang lebih layanan yang diberikan sama, bahkan lebih lengkap.

Bedanya kini Microsoft 365 menjadi layanan berlangganan untuk mengakses berbagai fitur layaknya Microsoft Office dengan mudah. 

Microsoft 365 adalah layanan berlangganan yang dapat menyediakan akses ke aplikasi Office berbasis web dan desktop apa pun serta layanan lainnya seperti penyimpanan cloud OneDrive, Teams, SharePoint, Intune, Exchange, dan layanan keamanan bawaan.

Masuk Microsoft 365 untuk PC

  • Masuk ke https://portal.office.com dan jika kamu belum masuk, pilih masuk.
  • Masuk dengan akun yang kamu kaitkan dengan versi Office ini.
  • Dari halaman beranda Office 365, pilih Instal aplikasi Office
  • Pilih aplikasi Office 365 untuk memulai penginstalan.

Catatan: Versi 64-bit diinstal secara default kecuali Office mendeteksi bahwa kamu telah menginstal Office versi 32-bit (atau aplikasi Office mandiri seperti Project atau Visio). Dalam hal ini, Office versi 32-bit akan diinstal sebagai gantinya.

Untuk mengubah dari versi 32-bit ke versi 64-bit atau sebaliknya, kamu harus menghapus instalan Office terlebih dahulu (termasuk aplikasi Office mandiri apa pun yang kamu miliki seperti Project of Visio).

Setelah pencopotan selesai, masuk lagi dan pilih Opsi penginstalan lainnya, pilih bahasa dan versi yang kamu inginkan (64 atau 32-bit), lalu pilih Instal. Ini akan menyelesaikan download Microsoft Office ke perangkat.

Instal Office

  • Bergantung pada browser, pilih Jalankan (di Edge atau Internet Explorer), Siapkan (di Chrome), atau Simpan File (di Firefox).
  • Jika kamu melihat permintaan Kontrol Akun Pengguna yang mengatakan, Apakah Anda ingin mengizinkan aplikasi ini melakukan perubahan pada perangkat Anda? pilih Ya.
  • Penginstalan dimulai.
  • Penginstalan selesai saat kamu melihat frasa, "Anda sudah siap! Office telah diinstal sekarang" dan animasi diputar untuk menunjukkan tempat menemukan aplikasi Office di komputer kamu.
  • Pilih Tutup.

Aktifkan Office

  • Untuk membuka aplikasi Office, pilih tombol Mulai (sudut kiri bawah layar) dan ketikkan nama aplikasi Office, seperti Word.
  • Jika kamu memiliki Windows 8.1 atau 8.0, ketikkan nama aplikasi Office di layar Mulai.
  • Untuk membuka aplikasi Office, pilih ikonnya di hasil pencarian.
  • Saat aplikasi Office terbuka, terima perjanjian lisensi. Office diaktifkan dan siap digunakan.

CatatanWizard Aktivasi muncul jika Office mengalami masalah pengaktifan. Selesaikan langkah-langkah di wizard untuk menyelesaikan pengaktifan Office.

Itulah cara menggunakan Microsoft 365 untuk PC Windows yang bisa kamu coba lakukan. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Cara Menghilangkan Header dari Halaman Kedua di Microsoft Word