Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 27 Maret 2023 | 13:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Raksasa teknologi yang berbasis di Amerika Serikat Intel telah menjadi pemain terkemuka di berbagai bidang, dengan teknologi 5G dan LTE berada di antara mereka. Namun, berita terbaru menunjukkan bahwa Intel akan menghentikan upayanya di bidang ini.

Dilansir dari Gizmochina, Intel dikabarkan akan segera berhenti bekerja pada modem 5G, dan pada tahun 2025, perusahaan ini akan menghentikan penelitian tentang modem LTE. Pengumuman terbaru dari perusahaan mengkonfirmasi niat ini.

Dalam sebuah pernyataan kepada More than Moore, raksasa teknologi itu mengkonfirmasi rumor tersebut sambil menjelaskan alasan di balik keputusan tersebut.

"Kami membuat keputusan sulit untuk keluar dari bisnis LTE dan 5G WWAN (Wireless Wide Area Network) kami karena kami terus memprioritaskan investasi dalam strategi IDM 2.0 kami."

Teknologi IDM 2.0 diumumkan pada tahun 2021. Dengan strategi ini yang bertujuan untuk memperluas produksi, perusahaan berusaha untuk merancang dan memproduksi produk terbaik.

Intel menyatakan niatnya untuk menjadi pemimpin dalam proses, produk, pasokan, dan biaya melalui pendekatan ini.

Tiga tahun lalu, Intel menjual bisnis modem 5G-nya ke Apple seharga $1 miliar. Selanjutnya, ia membentuk kemitraan dengan MediaTek untuk mulai memproduksi modem 5G untuk komputer. Produk pertama masuk rak pada tahun 2021.

Namun, berita terbaru menunjukkan bahwa umur produk ini mungkin tidak terlalu lama. Di sisi 4G, Intel berkolaborasi dengan Fibocom untuk modem 4G LTE.

Pernyataan terbaru menunjukkan bahwa perusahaan mungkin berencana untuk mentransfer bisnis 4G dan 5G-nya ke dua perusahaan ini. Intel diperkirakan akan keluar dari pasar 5G pada bulan Juli dan seluruh pasar WWAN pada tahun 2025.

BACA SELANJUTNYA

Intel Dorong Pengembangan AI untuk Enterprise dengan Gaudi 3