Sabtu, 27 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 09 April 2023 | 14:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Samsung telah membagikan perkiraan pendapatannya untuk tiga bulan pertama tahun 2023, dan angka-angka tersebut tidak sedap dipandang bagi investor dan simpatisannya.

Dilansir dari Android Headlines, perusahaan menatap penurunan laba 96 persen year-on-year (YoY) pada Q1 2023. Mereka memperkirakan untuk membawa pulang sekitar KRW 0.6 triliun (sekitar $450 juta), turun dari KRW 14.12 triliun (hampir $11 miliar) pada Q1 2022.

Pendapatan penjualan konsolidasi keseluruhan untuk kuartal pertama tahun ini diperkirakan akan mencapai sekitar KRW 63 triliun (sekitar $ 47 miliar).

Samsung menghasilkan banyak uang pada tahun 2021 dan memulai tahun 2022 dengan keras. Namun, pertengahan tahun lalu, pendapatan perusahaan mulai menurun. Penurunan permintaan semikonduktor, terutama chip memori, sangat mempengaruhi bisnisnya.

Karena sebagian besar pendapatan perusahaan Korea berasal dari bisnis semikonduktor, penurunan tersebut terjadi di tempat yang paling menyakitkan. Pada akhir 2022, laba tahunannya turun 16%. Lebih penting lagi, pendapatan Q4 mencapai level terendah delapan tahun.

Dalam prospek keuangannya untuk 2023, Samsung mengatakan tidak memperkirakan banyak peningkatan. Perusahaan memperkirakan pendapatannya dari bisnis semikonduktor akan berkurang setengahnya tahun ini.

Meskipun belum membagikan laporan pendapatan terperinci untuk kuartal pertama (akan datang pada akhir April), perkiraan awal menunjukkan masa depan yang suram.

Rata-rata, pembuat smartphone terbesar di dunia, yang juga memimpin industri di beberapa bidang lain, menghasilkan hanya sekitar $150 juta dalam tiga bulan pertama tahun 2023. Ini adalah laba kuartalan terendah dalam 14 tahun (sejak resesi ekonomi 2008).

Media Korea baru-baru ini melaporkan bahwa Samsung juga akan membukukan kerugian kuartalan pertamanya dari bisnis semikonduktor sejak 2008 pada Q1 2023. Itu bisa kehilangan sekitar KRW 4 triliun atau lebih dari $ 3 miliar dari unit chip memori.

Melihat perkiraan pendapatan perusahaan, itu mungkin menghasilkan sebanyak dari semua bisnis lain di kuartal pertama. Secara keseluruhan, hampir mencapai titik impas antara Januari dan Maret 2023. 

Meskipun kehilangan uang dari semikonduktor, Samsung tidak berencana untuk mengurangi investasi. Banyak saingan telah mengurangi pengeluaran mereka dalam bisnis sampai pasar rebound.

Namun, perusahaan Korea melihat investasi dan inovasi yang berkelanjutan sebagai kunci untuk tetap bertahan dalam jangka panjang.

Bahkan telah meminjam sekitar $ 16 miliar dari perusahaan saudaranya untuk mendanai investasi yang direncanakan. Waktu akan memberi tahu apakah Samsung menuai manfaat dari investasi ini dalam waktu dekat.

Nantikan laporan pendapatan Q1 2023 lengkapnya akhir bulan ini.

BACA SELANJUTNYA

Fitur Smart Switch, Memudahkan Pindah Data Data Samsung Galaxy A15