Kamis, 25 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 14 April 2023 | 19:16 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Gempa yang mengguncang pada Jumat, 14 April 2023 membuat netizen ramai di Twitter. Melalui update terbaru, perwakilan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap bahwa guncangan yang terjadi bukan Gempa Tuban melainkan Gempa Laut Jawa.

Pada laporan sebelumnya, BMKG membeberkan data bahwa telah terjadi gempa magnitudo 6,6 yang mengguncang wilayah barat laut Tuban, Jawa Timur.

"Gempa bumi 14 April 2023 pukul 16:55 WIB. Magnitudo 6,6. Kedalaman 632 kilometer. Lokasi gempa 68 kilometer Barat Laut Tuban, Jawa Timur," tulis BMKG melalui situs resminya.

Tak lama kemudian, seorang pejabat BMKG melakukan pemutakhiran sehingga diperoleh data pada aplikasi bahwa gempa mempunyai magnitudo 6,9.

Saat BMKG merilis keterangan bahwa gempa terjadi sekitar 68 kilometer sebelah barat laut Tuban, netizen penasaran mengapa gempa dirasakan oleh banyak warga di wilayah berjauhan.

Gempa Laut Jawa yang terjadi pada Jumat April 2023. (Twitter @DaryonoBMKG)

Tak sedikit netizen yang berada di Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, Jawa Timur bahkan Bali merasakan getaran gempa.

Data terbaru dari BMKG mengungkap bahwa getaran gempa terasa pada lebih dari 30 wilayah.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan bahwa gempa yang terjadi bukan berada di Tuban, melainkan Laut Jawa.

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi tarikan "slab pull" pada lempeng Indo-Australia yang tersubduksi hingga di bawah Laut Jawa.

Daftar wilayah yang ikut terdampak getaran gempa Tuban. (BMKG)

"Deep focus earthquake Laut Jawa dipicu slab pull activity. Gempa M 6,9 Laut Jawa ini merupakan gempa dalam yang dipicu aktivitas deformasi tarikan 'slab pull' pada lempeng Indo-Australia yang tersubduksi hingga di bawah Laut Jawa. Gempa M 6,9 ini bukan Gempa Tuban, ini Gempa Laut Jawa," ungkap Daryono dikutip dari akun Twitter-nya, Jumat (14/04/2023).

Berdasarkan penjelasan dari Daryono, Gempa Laut Jawa M 6,9 ini berdampak dan dirasakan di daerah Kuta dengan skala intensitas V MMI, Karangkates, Trenggalek, Gianyar, Tulungagung, Trengalek, Nganjuk, Pacitan, Kediri, Tuban, Garut, Mataram dengan skala intensitas IV MMI.

Situs resmi BMKG mencantumkan puluhan wilayah yang turut terdampak oleh getaran gempa.

"Hingga pukul 17.43 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan ( _aftershock_ ) sebanyak 1 (satu) dengan magnitudo M 5,5," kata Daryono.

Itulah tadi penjelasan mengenai gempa Jumat 14 April 2023 yang membuat netizen heboh di Twitter.

BACA SELANJUTNYA

Gempa Bumi Hari Ini Berkekuatan Magnitudo 6,5, Tidak Berpotensi Tsunami