Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 25 April 2023 | 17:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beberapa pengguna smartphone pasti pernah mengalami HP restart tiba-tiba. Jika HP kamu tiba-tiba restart, itu mungkin aplikasi dodgy, masalah panas berlebih, atau hal lain sama sekali. Baik itu HP Android atau iPhone, smartphone dalam kondisi kerja normal tidak wajar jika merestart tanpa interaksi.

Hal ini dapat menunjukkan banyak masalah yang mungkin memerlukan perhatian. Memang HP restart tiba-tiba membuat frustasi dan mengganggu. Apa penyebab HP restart tiba-tiba yang mengganggu.

Ada beberapa penyebab HP restart tiba-tiba yang perlu kamu perhatikan. Penyebab HP restart tiba-tiba ini bisa terjadi di HP Android maupun iPhone.

Berikut penyebab HP restart tiba-tiba yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Malware

Ilustrasi Malware di smartphone. (Kaspersky)

Meskipun beberapa jenis malware PC diketahui menyebabkan komputer mogok atau reboot, masalahnya relatif jarang terjadi pada smartphone, terutama iPhone. Tetapi mengingat lanskap malware yang terus berubah, reboot acak karena virus bukan hal asing.

Di Android, kamu dapat menjalankan pemindaian anti-malware untuk mendeteksi pelakunya dan menghapusnya. Kami merekomendasikan BitDefender. Namun, jika itu tidak berhasil, reset pabrik juga dapat menghilangkan virus atau jenis malware lainnya di telepon. Pastikan kamu membuat cadangan data sebelum melakukannya.

2. Aplikasi yang Tidak Berfungsi

Ilustrasi aplikasi media sosial. (HiTekno.com)

Terlepas dari sistem perangkat lunak, aplikasi memainkan peran penting pada smartphone. Karena sering memasang aplikasi baru dan yang sudah ada diperbarui dengan fitur-fitur baru, ada kemungkinan besar bahwa setiap perubahan mungkin disebabkan oleh pemasangan atau pembaruan aplikasi baru.

Di Android, kamu dapat mengetahui apakah aplikasi yang diunduh menyebabkan reboot dengan restart dalam Safe Mode. Karena setiap merek berbeda, kamu berkonsultasi dengan situs web dukungan pabrikan untuk langkah yang tepat.

Namun biasanya, kamu dapat melakukan Safe Mode dengan menekan dan menahan tombol daya hingga pop-up matikan muncul. Kemudian tekan lama opsi matikan hingga prompt Safe Mode muncul. Safe Mode di Android membatasi aplikasi pihak ketiga.

Jika masalah hilang dalam Safe Mode, maka aplikasi kemungkinan menyebabkan restart. Kamu dapat menghapus aplikasi yang baru diinstal satu per satu untuk mengidentifikasi aplikasi yang tidak berfungsi.

Tetapi sebelum mencopot aplikasi apa pun, pastikan kamu menjalankan versi terbaru dari setiap aplikasi karena jika kamu memiliki versi yang lebih lama, ada kemungkinan pembaruan saja bisa memperbaiki masalah tersebut.

Sayangnya, tidak ada Safe Mode di iPhone. Jadi, kamu hanya perlu menghapus aplikasi yang baru dipasang atau diperbarui satu per satu untuk mengidentifikasi apakah ada kesalahan aplikasi yang tidak berfungsi.

3. Sistem Perangkat Lunak Kadaluwarsa

Ilustrasi HP dan laptop. (Pixabay)

Sistem perangkat lunak yang kadaluarsa bisa menyebabkan HP restart tiba-tiba. Pembaruan sistem tidak hanya menyertakan fitur-fitur baru tetapi juga sering disertai dengan perbaikan bug dan masalah lain yang ada dalam perangkat lunak.

Jadi jika kamu menjalankan versi perangkat lunak yang lebih lama di HP, inilah saatnya untuk memperbaikinya karena hal itu dapat menyelesaikan reboot yang terputus-putus. Untuk memeriksa pembaruan sistem terbaru untuk iPhone, navigasikan ke Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak.

Pengguna HP Android akan menemukan pembaruan sistem di bawah Sistem di Pengaturan. Namun, ada beberapa smartphone yang akhirnya berhenti mendapatkan pembaruan, dan jika itu yang terjadi, maka inilah saatnya untuk mengganti HP kamu.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Pengguna Android Berbondong-bondong Pindah ke iPhone? Begini Kata Riset