Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 04 Mei 2023 | 10:37 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Waspada muncul scam baru yang mengtasnamakan Gmail beredar. Google bahkan sampai mengeluarkan peringatan kepada setiap pengguna Gmail.

Dilaporkan kalau serangan siber berupa scam ini menggunakan branding Google dan dimulai dengan baris subjek yang bertuliskan "Online Reward Program".

Scam ini disajikan pesan seolah-olah mereka telah melakukan pencarian ke-18,25 miliar di Google.

Ada pesan yang berbunyi:

"Selamat! Anda adalah pengguna Google yang beruntung! "Setiap 10 juta pencarian tercapai di seluruh dunia, kami akan mengumumkan pengguna yang beruntung untuk mengirimkan hadiah terima kasih. Anda adalah pengguna yang beruntung!"

Pesan scam tersebut akan meminta pengguna Gmail untuk mengklik tautan tertentu dan akan bisa mendapatkan hadiahnya.

Menurut raksasa pencarian, ini hanyalah bentuk penipuan baru. Ini adalah cara bagi peretas untuk mengakses data pribadi.

Dengan itu, mereka dapat mencuri uang dan identitas. Google sekarang mendesak pengguna untuk tetap waspada terhadap penipuan ini.

Jadi perhatikan baik-baik kotak masuk dan laporkan sesuatu yang mencurigakan. Selain itu, coba periksa kebenaran kampanye tertentu sebelum menganggapnya benar.

Di halaman saran, Google memberi tahu pengguna Gmail:

"Ada kemungkinan pop-up juga meminta Anda untuk memasukkan email atau info pribadi lainnya. Google tidak menawarkan hadiah spontan dalam format ini. Jadi, Anda tidak akan memenangkan hadiah dengan menyelesaikan survei atau memasukkan info pribadi. Tutup jendela pop-up dan jangan masukkan informasi pribadi Anda."

Dilansir laman Gizchina, Kamis (4/5/2023), berikut tips menghindari penipuan atau scam mengatasnamakan Gmail ini:

Sesuai raksasa pencarian: "Sayangnya, oknum terkadang mencoba menggunakan merek Google untuk menipu dan menipu orang lain. Berikut adalah beberapa penipuan umum, dan cara yang dapat dihindari dan laporkan."

  • Perlambat – Penipuan sering dirancang untuk menciptakan rasa urgensi. Luangkan waktu untuk mengajukan pertanyaan dan pikirkan baik-baik.
  • Spot check – Lakukan riset untuk memeriksa ulang detail yang Anda dapatkan. Apakah yang mereka katakan masuk akal?
  • Berhenti! Jangan kirim – Tidak ada orang atau agensi terkemuka yang akan meminta pembayaran atau informasi pribadi Anda saat itu juga.

Perlu dicatat bahwa Google menyediakan seluruh laman web dengan lebih banyak kiat untuk menghindari penipuan di Gmail.

Itulah laporan terkini dari serangan siber berupa scam yang mengatasnamakan Gmail. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Apa itu Google Gemini? Teknologi AI Pesaing ChatGPT