Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 05 Mei 2023 | 13:52 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Microsoft bekerja sama dengan AMD untuk mengembangkan prosesor kecerdasan buatan, sebagai upaya untuk mengamankan pasokan chip prosesor AI dan mengeksplorasi alternatif untuk chip GPU Nvidia yang saat ini mendominasi pasar.

Dilansir dari Gizmochina, kemitraan ini berfokus pada pengembangan prosesor AI yang diberi nama kode "Athena", yang akan dikembangkan sendiri oleh Microsoft dan didukung oleh AMD secara finansial.

Microsoft telah menginvestasikan $10 miliar di OpenAI, pengembang ChatGPT, yang telah meningkatkan permintaan untuk prosesor AI.

Sebagai penyedia layanan komputasi awan utama, Microsoft sedang membangun divisi chip dengan hampir 1.000 karyawan dan mengerjakan Project Athena yang telah menerima sekitar $2 miliar investasi dari Microsoft.

AMD juga memiliki prioritas utama dalam mengembangkan kecerdasan buatan. CEO AMD, Lisa Su, mengatakan bahwa "Kami sangat gembira dengan peluang kami dalam kecerdasan buatan, yang juga merupakan prioritas strategis tertinggi kami. Kita berada di masa-masa awal era komputasi kecerdasan buatan."

Su juga menyatakan bahwa AMD memiliki peluang untuk memproduksi chip khusus untuk pelanggan terbesarnya guna digunakan di pusat data AI.

Meskipun mengembangkan alternatif untuk chip Nvidia adalah tugas yang menantang, Microsoft memprioritaskan Project Athena, yang melibatkan pengembangan chip GPU untuk pelatihan dan inferensi model AI.

Chip ini telah diuji secara internal dan diharapkan tersedia secara luas pada tahun depan.

Kemitraan antara Microsoft dan AMD dalam pengembangan prosesor kecerdasan buatan ini akan membawa dampak positif pada industri chip.

Terlebih lagi, kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja perangkat AI dan menghasilkan alternatif yang lebih efisien untuk chip GPU Nvidia yang dominan di pasar saat ini.

BACA SELANJUTNYA

MediaTek Kembangkan Chip dengan Proses 3nm TSMC, Siap Produksi Massal 2024