Minggu, 16 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 09 Mei 2023 | 17:06 WIB

Hitekno.com - Apple dikabarkan akan meluncurkan teknologi haptic buttons pada iPhone 16 tahun depan. Rumor sebelumnya menyebutkan bahwa teknologi ini akan diperkenalkan pada iPhone 15, tetapi Apple membatalkan rencana tersebut dan akan menghadirkan haptic buttons pada iPhone 16.

Menurut laporan Gizchina, alasan perubahan rencana ini adalah karena masalah biaya dan kompleksitas. Teknologi ini masih diuji secara internal dan diprediksi akan diperkenalkan pada iPhone 16 Pro tahun depan.

Analyst Apple, Ming-Chi Kuo, juga memprediksi bahwa haptic buttons akan diperkenalkan pada iPhone 16 Pro. Namun, button solid-state akan dibatasi hanya pada model Pro.

Model iPhone 16 yang lebih murah akan tetap menggunakan desain volume button seperti pada iPhone 14 dan 15.

Namun, beberapa pihak berpendapat bahwa haptic buttons tidak akan mudah digunakan, karena jari membutuhkan batas fisik untuk merasakan tombol yang tepat.

Seperti teknologi 3D touch yang tidak bertahan lama, mungkin teknologi haptic buttons juga tidak akan menjadi ide yang bagus. Meskipun begitu, Apple tetap berusaha mengadopsi tombol tunggal untuk kontrol volume.

Desain mute switch juga diharapkan mengalami perubahan yang cukup signifikan pada iPhone 15 Pro. Tombol mute akan diubah menjadi "Action" button. Namun, masih belum jelas apakah tombol ini akan menjadi bagian dari iPhone "Ultra".

BACA SELANJUTNYA

Harga iPhone 11 Pro Max Sekarang, Masih Layak Beli?