Rabu, 08 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 23 Mei 2023 | 12:53 WIB

Hitekno.com - Snapdragon 8 Gen 2 menandai kembalinya Qualcomm yang mengesankan setelah chip Snapdragon 8 Gen 1 tahun lalu ternyata menjadi chip smartphone yang agak mengecewakan. Namun, chip Snapdragon 8 Gen 2 terbaik telah dipesan khusus untuk ponsel Samsung, namun hal itu mungkin akan segera berubah.

Insider Weibo Digital Chat Station dilansir dari Android Authority, mengklaim bahwa monopoli Samsung atas Snapdragon 8 Gen 2 untuk prosesor Galaxy telah berakhir.

Mereka juga menambahkan bahwa chip yang bekerja dengan kecepatan lebih tinggi ini akan segera tersedia untuk merek smartphone dalam negeri. Berikut adalah terjemahan mesin dari postingan tersebut.

Belum ada kabar mengenai merek-merek spesifik yang akan meluncurkan ponsel "Snapdragon 8 Plus Gen 2". Namun, diperkirakan bahwa merek-merek seperti ASUS, OnePlus, dan Xiaomi mungkin sedang menyiapkan perangkatnya.

Snapdragon 8 Gen 2. (Qualcomm Technologies)

Setelah semua, ponsel seri T dari OnePlus dan Xiaomi telah menjadi kebiasaan di paruh kedua tahun, sementara ROG Phones yang diperbarui kadang-kadang juga muncul.

Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy berbeda dari Snapdragon 8 Gen 2 standar dengan menawarkan kecepatan puncak CPU dan GPU yang lebih tinggi.

CPU khususnya mengalami peningkatan frekuensi dari 3,2GHz menjadi 3,36GHz (peningkatan 5%). GPU juga meningkat menjadi 719MHz, dibandingkan dengan 680MHz pada chip standar (peningkatan 5,7%).

Terakhir, diyakini bahwa silikon kecerdasan buatan (AI) chip ini juga mengalami peningkatan kecepatan yang sedikit.

Ini bukanlah peningkatan besar-besaran seperti yang terjadi pada Snapdragon 8 Plus Gen 1 dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 1 standar.

Chip Plus tahun lalu mengalami peningkatan kecepatan CPU dan GPU sebesar 10% serta peningkatan efisiensi daya sebesar 15 hingga 30%.

Namun, hal ini terutama disebabkan oleh peralihan dari produksi Samsung ke TSMC. Baik Snapdragon 8 Gen 2 maupun chip yang ditingkatkan ini diproduksi oleh TSMC, untuk memulai.

Dengan kata lain, sepertinya tidak banyak manfaat yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari dengan menunggu ponsel Snapdragon 8 Gen 2 yang ditingkatkan dibandingkan dengan ponsel flagship 2023 yang sudah ada.

Namun, bagi mereka yang hanya ingin kecepatan tercepat mungkin akan memiliki beberapa pilihan lagi nanti pada tahun ini.

BACA SELANJUTNYA

Gebrak Pasar, Harga POCO F5 Mulai Rp 4 Jutaan