Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Minggu, 04 Juni 2023 | 13:08 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - WhatsApp Community menjadi fitur yang belum lama ini dihadirkan. Namun apa bedanya dengan WhatsApp Group yang sudah dulu ada. Cek berikut ini perbedaan WhatsApp Community dan WhatsApp Group.

Seperti diketahui, WhatsApp telah memperkenalkan fitur baru bernama WhatsApp Community pada akhir tahun 2022 silam. Meski demikian, tampaknya banyak yang belum tahu fitur di aplikasi WhatsApp ini.

Padahal jika digunakan dengan baik, fitur WhatsApp Community bisa sangat memudahkan kamu dalam berkomunikasi dengan banyak orang.

Salah satu alasan mengapa banyak orang belum menggunakan WhatsApp Community ini adalah anggapan jika fitur ini sama dengan WhatsApp Grup.

Memang, baik WhatsApp Community atau WhatsApp Group memungkinkan kamu untuk tetap berhubungan dengan beberapa orang sekaligus, tetapi banyak pengguna yang belum dapat memahami perbedaan antara keduanya.

Berikut ini Hitekno.com telah merangkum sejumlah perbedaan WhatsApp Community dan WhatsApp Group.

1. Jumlah Anggota

Perbedaan pertama terletak pada jumlah anggota. Memang, pada November 2022, WhatsApp telah memperbarui jumlah anggota yang bisa ditambahkan ke WA Grup.

WhatsApp memungkinkan kamu menambahkan hingga 1024 anggota dalam satu grup. 

Angka ini awalnya 254, dinaikkan menjadi 512, dan akhirnya menjadi 1024. 

Meski demikian, WhatsApp Community memiliki fitur yang lebih sip. WA Community merupakan payung yang berisi beberapa WA Grup.

Ini memungkinkan kamu menjangkau lebih banyak audiens secara efektif. Admin dapat menambahkan total 50 grup atau 5000 orang ke grup pengumuman komunitas WhatsApp.

2. Cara Berbagi Kontennya Beda

WhatsApp Community dan WhatsApp Group  berbeda dalam hal berbagi konten. Di WA Grup, pengguna dapat mengirim teks dan media dalam grup, bereaksi terhadap pesan, membuat jajak pendapat, dan menyebut orang lain. 

Semua anggota dapat membagikan konten yang diinginkan kecuali dibatasi oleh admin grup.

Tapi WhatsApp Community bekerja secara berbeda, karena mereka dibuat terutama untuk memberikan pembaruan di seluruh grup. 

WhatsApp Community hanya mengizinkan admin untuk mengirim pesan di grup pengumuman komunitas untuk dilihat semua peserta.

Anggota tidak dapat menanggapi pesan yang dikirim oleh admin komunitas tetapi dapat membalas pesan tertentu secara pribadi. 

3. Privasi

Dengan sedikit penyesuaian, kamu dapat mengubah pengaturan privasi di WA Grup. Meski demikian di WA Grup, tetap ada beberapa setelan yang tidak dapat kamu ubah.

Misalnya, saat kamu menambahkan orang ke grup WhatsApp, informasi kontak mereka dapat dilihat oleh anggota grup lain terlepas dari apakah mereka ada di daftar kontak atau tidak.

WhatsApp Community berbeda dalam hal itu. Karena komunitas dibuat untuk menyampaikan informasi terbaru, maka WhatsApp menjaga privasi pengguna dengan tidak mengungkapkan informasi mereka kepada anggota lain.

4. Fitur yang Tersedia

WhatsApp Grup memungkinkan semua orang untuk terhubung dan berinteraksi satu sama lain.

Pengguna dapat mengirim media seperti gambar, video, dan dokumen, lokasi mereka, dan berbagi kontak di grup. 

Kamu juga dapat meneruskan pesan ke siapa saja secara individu. Yang menarik, Grup WhatsApp juga memiliki Polling dimana pengguna dapat memberikan pendapat mereka juga.

Ini juga berbeda dengan WhatsApp Community. Di sini, pengguna diberi tahu tentang peringatan atau perubahan apa pun dalam komunitas. 

Selain itu, hanya admin yang dapat membagikan konten seperti lokasi, media, nomor kontak, dan dokumen. 

5. Fitur Panggilan

WA Grup memungkinkan kamu melakukan panggilan suara dan video dengan maksimal delapan anggota. Percakapan dienkripsi ujung ke ujung dan cocok untuk mengadakan pertemuan kecil.

Pengguna juga dapat mengirim pesan dan menjeda video saat melakukan panggilan WhatsApp.

Kamu dapat meminimalkan layar dan menavigasi ke aplikasi lain tanpa memutuskan panggilan.

Fitur-fitur di atas juga tak akan kamu dapatkan di WA Community. Pengguna tidak dapat melakukan panggilan audio atau video WhatsApp di komunitas.

Itulah beberapa perbedaan WhatsApp Community dan WhatsApp Group yang perlu kamu tahu.

BACA SELANJUTNYA

Voice Chat Hadir untuk WhatsApp Grup