Jum'at, 14 Juni 2024
Amelia Prisilia : Kamis, 08 Juni 2023 | 15:08 WIB

Hitekno.com - Beberapa waktu yang lalu, kasus gadis kembar yang jadi pelaku penipuan pre order iPhone menjadi viral di Twitter. Kasus ini menjadi sorotan usai muncul di thread akun Twitter @mazzini_gsp. Dua pelaku yang adalah kembar ini memiliki inisial RNA dan RNI.

Sebelumnya kasus tersebut sudah lebih dulu dipublish di akun Instagram @kasusiphonesikembar, akan tetapi baru terendus ke publik luas setelah disorot oleh akun Twitter @mazzini_gsp tersebut dan kini menjadi viral di media sosial. Berikut adalah kronologi kasus penipuan pre-order Iphone yang diduga dilakukan oleh si kembar RNI dan RNA.

1. Menawarkan harga Iphone murah

Awalnya salah seorang korban penipuan si kembar melihat sebuah promo menarik di Instagram yang menawarkan harga Iphone dengan harga yang sangat miring. Korban tergiur dan setelah 2 bulan mengamati olshop tersebut cukup trusted, maka Januari 2022 korban memutuskan untuk membeli Ihone 13 Pro Max.

2. Iphone tak kunjung dikirim

Kejanggalan mulai terlihat, di perjanjian awal dikatakan pre-order Iphone memakan waktu maksimal 12 minggu, akan tetapi Iphone pesanan tak kunjung datang bahkan molor hingga berminggu-minggu lamanya. Korban sudah menanyakan langsung ke sellernya, namun proses semakin berbelit. 

3. Pelaku ancam korban

Korban sempat diancam pelaku jika membawa kasus ini di media sosial. Ancaman dari pelaku berupa ditahannya proses refund dan ancaman UU ITE pada korban yang berusaha speak up. Akan tetapi karena sudah kadung kesal, korban membawa kasus ini ke media sosial. Ternyata banyak korban baru lainnya yang justru terungkap dengan dinaikkannya kasus ini.

4. Kerugian ditaksir miliaran rupiah

Dengan naiknya kasus penipuan si kembar, satu per satu orang yang mengaku korban muncul ke permukaan. Nilai kerugian dari satu orang mulai dari puluhan juta hingga miliaran rupiah, angka yang sangat fantastis.

5. Pelaku berpindah-pindah tempat

Berdasarkan informasi dari unggahan korban si kembar di akun Instagram @kasusiphonesikembar diketahui bahwa terduga pelaku berpindah-pindah tempat. Semula dikatakan jika mereka tinggal di Ciputat, namun kini sudah berada di Surabaya.

6. Pelaku dalam pengejaran polisi

Saat ini si kembar terduga pelaku penipuan pre-order Iphone sudah menjadi DPO (daftar pencarian orang) di kepolisian. Korban juga semakin banyak dan masing-masing melaporkan penipuan tersebut ke pihak yang berwajib.

Itu tadi kronologi penipuan pre order iPhone yang dilakukan saudara kembar RNA dan RNI. Semoga kasus tersebut segera terungkap agar pelaku bisa bertanggungjawab atas apa yang mereka perbuat terhadap para korbannya.

BACA SELANJUTNYA

Benarkah Android Lebih Ribet Dibanding iOS? Riset Menunjukkan Sebaliknya