Senin, 29 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 11 Juni 2023 | 15:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Getcontact merupakan salah satu aplikasi yang umum digunakan untuk mengenali nomor telepon individu. Namun, kehadiran Getcontact dapat membuat beberapa orang merasa tidak nyaman ketika ingin menjaga privasi mereka. Berita baiknya adalah ada cara untuk mencegah nomor telepon agar tidak dapat ditemukan di Getcontact.

Diketahui bahwa pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Getcontact untuk mengidentifikasi pemilik nomor telepon yang belum disimpan dalam kontak mereka. Selain itu, pengguna juga dapat mengetahui nama, nomor telepon, dan tag atau penandaan yang dikumpulkan dari data kontak pengguna lain melalui sistem crowdsourcing.

Meskipun aplikasi ini bermanfaat dalam meningkatkan kehati-hatian terhadap nomor telepon yang tidak dikenal, keberadaan Getcontact dapat membuat beberapa pengguna merasa tidak nyaman. Bahkan, hal ini dapat merugikan pengguna.

Hal ini dikarenakan informasi identitas yang ditampilkan di aplikasi Getcontact seringkali lengkap. Selain nama, pengguna lain bahkan dapat mengetahui informasi pribadi lainnya seperti asal daerah, alamat rumah, tempat kerja, sekolah, dan lainnya hanya dengan menggunakan nomor telepon pribadi.

Menyikapi masalah ini, pengembang Getcontact menyadari dan memahami keluhan dari sejumlah pengguna. Saat ini, mereka telah menyediakan fitur "Visibility" yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan informasi detail pemilik nomor telepon. Pengguna yang mengaktifkan fitur ini dapat mencegah nomor telepon mereka dicari melalui aplikasi Getcontact.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur tersebut? Dikutip dari Suara.com, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Agar Nomor Tidak Bisa Dicari di Getcontact

• Kunjungi laman resmi atau aplikasi Getcontact, pilih menu “Manage Your Privacy Profile” yang ada di bagian bawah halaman.

• Pilih cara login menggunakan WhatsApp ataupun SMS

• Apabila Anda login menggunakan WhatsApp, maka Anda akan diminta untuk melalukan scan QR code yang ditampilkan di halaman utama GetContact. Setelah scan QR code, selanjutnya pengguna diminta untuk mengirimkan sebuah kode teks yang tertera pada akun WhatsApp GetContact untuk melakukan verifikasi

• Apabila login menggunakan fitur SMS, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon dan kemudian dikirimi SMS kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi yang diterima pada laman GetContact.

• Setelah berhasil login, selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman Home, gulir terus ke bawah untuk memilih menu “Visibility Settings”.

• Kemudian Anda akan melihat toogle Search Visibility dalam posisi“On”. Klik menu toggle tersebut untuk mengubahnya menjadi mode “Off”.

• Selanjutnya, akan muncul jendela notifikasi konfirmasi, silakan tekan opsi "Yes".

Setelah selesai mengikuti langkah-langkah di atas dan menunggu sekitar 3 jam, nomor telepon Anda sudak tidak bisa lagi dicari pada GetContact. Untuk memastikannya, Anda bisa mengetesnya dengan mencoba mencari nomor Anda di aplikasi GetContact lewat ponsel lain atau menggunakan nomor lain.

Pengguna laim yang mencoba untuk mencari nomor kontak Anda di Getcontact, nantinya akan menerima notifikasi yang kurang lebih berbunyi seperti "hasil pencarian nomor tidak bisa dibagikan lantatan pemilik nomor menolak".

Nah itu tadi cara agar nomor tidak bisa dicari di Getcontact. Sekarang Anda tak perlu khawatir data pribadi akan bocor, sebab pengguna lain sudah tidak bisa menemukannya di Getcontact. Semoga bermanfaat!

Suara.com/Putri Ayu Nanda Sari

BACA SELANJUTNYA

Lirik Lagu Aldi Taher - Ayang Selingkuh di Aplikasi Ojol