Sabtu, 15 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 21 Juni 2023 | 19:34 WIB

Hitekno.com - Serangkaian laporan terbaru dari Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) mengkonfirmasi bahwa banyak pengguna Android beralih ke penawaran terbaru Apple, yakni iPhone 14 Series. Trend ini menjadi sinyal peringatan bagi Google dan produsen smartphone Android lainnya yang telah lama terlibat dalam pertarungan dengan sistem operasi iOS.

Dilansir dari Gizchina, Android dan iOS telah bersaing selama bertahun-tahun, dengan kebebasan Android dan pengalaman pengguna yang dioptimalkan oleh iOS menjadi dua sisi yang berbeda. Namun, laporan CIRP menunjukkan bahwa di Amerika Serikat, pengguna Android mulai lebih memilih iPhone.

Berdasarkan wawancara dengan pemilik iPhone yang dilakukan hingga Maret 2023, laporan CIRP mengungkapkan bahwa 15% responden sebelumnya menggunakan smartphone Android sebelum beralih ke iPhone. Ini merupakan persentase tertinggi pengguna Android yang beralih ke iPhone sejak Maret 2018. Pada tahun sebelumnya, persentasenya bahkan lebih tinggi, yaitu 16% pada tahun 2019 dan 21% pada tahun 2016.

Data ini menunjukkan bahwa lebih banyak pengguna Android di Amerika Serikat beralih ke iPhone, sementara jumlah orang yang membeli iPhone sebagai ponsel pertama mereka semakin sedikit. Grafik di bawah ini memperlihatkan persentase asal pengguna berdasarkan sistem operasi, yang lebih menyoroti tren tersebut.

Ilustrasi jual beli HP Android. (Hitekno/Bing Image Creator)

Meskipun perbedaannya sedikit, pengguna iPhone lebih setia terhadap smartphone mereka dibandingkan pengguna Android, dengan selisih 3% antara kedua sistem operasi tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa pengalaman pengguna dan ekosistem yang kuat dari Apple merupakan faktor yang berkontribusi pada loyalitas pelanggan.

Namun, perlu dicatat bahwa survei ini hanya mencerminkan tren di pasar telepon Amerika Serikat dan mungkin tidak mewakili tren global. Pasar Amerika Serikat memiliki banyak pengguna yang memanfaatkan penawaran dari operator telepon untuk membeli ponsel. Sementara di negara lain, lebih umum untuk membeli smartphone tanpa penawaran cicilan dari operator telepon. Hal ini membuat iPhone yang mahal lebih sulit bersaing dengan perangkat Android.

Laporan CIRP menyoroti perlunya produsen smartphone Android untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dan bersaing dengan penawaran terbaru dari Apple. Google dan produsen lain perlu memperhatikan dengan lebih baik apa yang Apple lakukan dengan baik untuk menarik lebih banyak pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang ada.

BACA SELANJUTNYA

7 Alasan Kamu Harus Pindah ke iPhone, Ada Deretan Fitur yang Tidak Ada di Android