Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 24 Oktober 2023 | 10:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bagaimana membuat kreasi foto yang bercerita? Fotografi sendiri bukan sekadar mengambil gambar yang bagus dan menarik, tetapi juga merekam memori, cerita, rasa yang secara visual disajikan untuk khalayak luas.

Foto juga menjadi medium berkomunikasi yang kuat, yang mampu menciptakan suatu narasi mendalam dari sebuah peristiwa. Karena itu kreasi foto cerita menjadi salah satu daya tarik fotografi.

Beawiharta, salah satu "The Masterminds" dibalik Xiaomi 13T dan seorang visual storyteller, mengatakan, “Mengambil foto adalah salah satu cara saya untuk bercerita. Ada banyak kisah unik di bagian manapun di atas bumi ini yang bisa dibagikan melalui karya foto. Memotret bisa untuk bersenang-senang, menciptakan karya seni, atau untuk berkomunikasi. Cerita beragam dan unik itulah yang membuat saya terus berjalan, menenteng kamera apapun bentuknya dan kini hadir dalam bentuk wujud sebuah smartphone, yaitu Xiaomi 13T dengan lensa otentik Leica."

"Xiaomi 13T berlensa Leica mempunyai warna dengan tone warna khas Leica yang legendaris menjadikannya menyenangkan untuk dibawa kemana-mana. Ketimbang smartphone, saya lebih suka menganggapnya sebagai kamera yang ringkas dan ringan, sehingga mudah dipakai ber-eksperimen, dan menghasilkan warna yang spesial, membuat setiap perjalanan selalu menghasilkan experience fotografi yang menyenangkan,” tambah Bea.

Xiaomi Indonesia mengklaim smartphone barunya ini dapat menghadirkan pengalaman fotografi level profesional berkat konfigurasi tiga kamera yang terdiri dari kamera utama berlensa Leica Summicron wide-angle 50MP setara lensa kamera dengan focal length 24mm, lensa telefoto 50mm yang juga beresolusi 50MP, serta kamera ultra-wide 15mm dengan resolusi 12MP.

Untuk menambah karakternya yang unik, Xiaomi 13T membawa karakter warna Leica yaitu Leica Authentic dan Leica Vibrant, untuk menghasilkan foto dengan warna estetik khas Leica.

Smartphone baru Xiaomi Indonesia ini juga dilengkapi dengan enam filter Leica, termasuk Leica Sepia dan Leica Blue terbaru yang diadaptasi dari kamera profesional Leica M-Type 240.

Untuk mendukung pengguna mengoptimalkan lensa smartphone mereka untuk membuat foto yang memiliki strong storytelling, Beawiharta menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan supaya menghasilkan visual dan narasi yang kuat.

Percaya diri kalau kamera smartphone bisa dikulik

Sekarang ini, semua orang bisa menjadi fotografer. Namun, bagaimana kita membuat foto kita berbeda dengan fotografer lainnya? Yang harus dipikirkan sebelumnya dan proses yang paling menarik adalah proses kreatif dibalik pembuatan sebuah karya foto.

Pikirkan kita ingin memotret apa dan bercerita tentang apa dari foto kita, dan tentunya bagaimana kamera smartphone ini bisa dikulik dan dieksplorasi lebih jauh.

Kuasai teknis dan pilih warna yang menginspirasi

Xiaomi 13T menawarkan beragam pilihan warna Leica yang mengesankan, termasuk Leica Authentic, Leica Vibrant, atau juga opsi hitam-putih (BW).

Kreativitas pengguna memegang peran sentral di sini. Penting untuk menguasai aspek teknis fotografi, sambil memilih warna yang sesuai dengan suasana hati yang ingin diungkapkan. Tonal Leica pada Xiaomi 13T membawa dimensi dan karakteristik unik ke dalam setiap foto.

Pilih lensa yang sesuai kegunaan

Xiaomi 13T hadir dengan beragam pilihan lensa, termasuk wide 15mm, 24mm, dan 50mm untuk potret. Setiap lensa memiliki kegunaan dan karakteristik unik. Jadi, ketika ingin mengambil foto landscape yang luas dan memukau atau merakam detail yang halus dengan sempurna, pastikan untuk memilih lensa yang cocok dengan visi yang dimiliki.

Bisa gunakan fitur Auto dengan kompensasi pencahayaan

Untuk fokus sepenuhnya pada momen tanpa khawatir tentang pengaturan teknis, kamu bisa memilih mode Auto pada Xiaomi 13T sebagai solusi cepat. Perangkat ini juga sudah memiliki kompensasi pencahayaan yang cukup baik, sehingga menghasilkan warna-warna yang cukup natural.

Menangkap keceriaan dalam garis vertikal

Menggunakan lensa wide membutuhkan perhatian ekstra terhadap garis vertikal. Optimalkan fitur garis panduan sehingga memudahkan kita dalam menjaga garis vertikal tetap lurus, sehingga setiap menghasilkan komposisi foto yang menarik.

Eksplorasi dengan mode Pro

Jangan takut untuk mengulik kamera smartphone kita. Pilihan mode Pro pada kamera Xiaomi 13T membuka beragam peluang kreatif. Dengan mode Pro, kita bisa mengoptimalkan fungsi dan fitur kamera sesuai dengan mood visual yang ingin kita bangun.

Disinilah ruangan kita untuk merubah setiap momen menjadi karya yang lebih dari sekadar foto.

Berikan sentuhan akhir dengan penyuntingan warna

Jadikan karya visual kamu jadi lebih bercerita dan hidup dengan sentuhan akhir: penyuntingan warna. Disini kita memegang kendali penuh dalam mengedit warna sesuai dengan keinginan kita yaitu karya foto seperti apa yang ingin kita tampilkan dan persepsi apa yang ingin kita bangun melalui karya ini.

Untuk menunjang pengalaman pengguna, Xiaomi 13T ditenagai oleh dapur pacu MediaTek Dimensity 8200-Ultra. Prosesor ini hasil kolaborasi eksklusif antara Xiaomi dan Mediatek untuk Xiaomi 13T.

Kinerja prosesor sudah disesuaikan dengan kebutuhan Xiaomi, mulai dari tingkat akurasi warna, hasil gambar, video, serta performa chipset tersebut agar bisa berjalan optimal di perangkat Xiaomi, terutama Xiaomi 13T.

MediaTek Dimensity 8200-Ultra didesain untuk efisiensi daya luar biasa menggunakan proses TSMC 4nm terbaru yang memungkinkan
peningkatan kinerja CPU dan GPU.

Pembuangan panas pada Xiaomi 13T juga telah ditingkatkan dengan sistem pendingin tahan karat vapor chamber (VC) berukuran 5000 mm2, memastikan performa stabil dan tetap nyaman digunakan dalam jangka panjang.

BACA SELANJUTNYA

Xiaomi Siap Rilis Redmi Note 13 Series di Indonesia