Sabtu, 27 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 20 Januari 2024 | 12:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Chromebook juga didesain untuk mendukung dunia pendidikan dengan kemudahannya. Ikut mendorong perkembangan Chromebook untuk pendidikan, MediaTek menghadirkan chip berbasis ARM yang ditujukan untuk Chromebook.

Yakni prosesor MediaTek Kompanio menyokong Chromebook yang diyakini mendukung aktivitas pelajar dan guru. Hal ini karena MediaTek berkomitmen untuk memberikan pengalaman belajar bagi pelajar dan guru yang menyenangkan, produktif, dan, tentu saja, tanpa stres.

Chromebook yang ditenagai prosesor MediaTek Kompanio 520 dan 528 memberikan sejumlah kelebihan bagi pelajar, di antaranya hemat daya yang luar biasa -- memastikan masa pakai baterai yang riil sepanjang hari.

Memanfaatkan arsitektur prosesor octa-core, MediaTek lebih jauh mengusung peningkatan untuk produktivitas dalam skema multi tugas, sehingga para pelajar tetap nyaman meski sedang dalam tuntutan belajar berat.

Memperbarui performa level pemula

Prosesor MediaTek Kompanio 520 secara signifikan memperbarui Chrombook level pemula, yaitu meningkatkan performa CPU dan grafis. Ini bertujuan mendukung aktivitas sehari-hari seperti akses situs web, media, game ringan, melakukan streaming, pemakaian aplikasi Google Apps, dan aktivitas pendidikan lain, seperti STEM, Tinkercard, dan Minecraft Education Edition.

Membawa dua performa, yaitu inti Arm Cortex-A76 CPU premium dengan CPU octa-core, juga memperbarui mesin grafis dual-core, tentu saja performa peranti ini lebih mulus dan responsif. Selain itu, keberadaan memori dan penyimpanan (storage) yang lebih cepat menyeimbangkan penggunaan platform dalam peningkatan kinerja pemakaian data.

Pengguna pun mendapatkan keuntungan seperti waktu start-up sangat cepat yang langsung terkoneksi. Lalu, kemudahan multi tugas dengan banyak aplikasi, dan masa pakai baterai yang lebih lama untuk aneka aktivitas sepanjang hari.

Streaming Video Mulus & Detail

Prosesor image-generation yang baru ini meningkatkan kinerja dan meningkatkan efisiensi daya, sehingga produsen perangkat dapat menciptakan Chromebook dengan kamera besar 32MP guna menangkap gambar yang sangat detail.

Perekaman video Full HD hingga 60fps jauh melampaui penggunaan webcam biasa untuk memberikan interaksi virtual yang lebih detail, lancar, dan terlihat alami selama temu daring, belajar jarak jauh, dan bekerja dari rumah.

Kamera-kamera ini didukung oleh mesin pencitraan perangkat keras MediaTek yang secara otomatis menyempurnakan pengambilan foto dan video dalam segala kondisi pencahayaan.

Tampilan Lebih Detail

Dengan resolusi layar Full HD+ yang lebih besar dan kemampuan untuk menambahkan layar eksternal Full HD – dua kali lipat resolusi generasi sebelumnya – Kompanio 520 memberikan peningkatan yang signifikan dalam kondisi layar ganda, di mana lebih cocok untuk proyektor dan presentasi di tempat kerja dan sekolah/kampus.

Chromebook pun ideal untuk dihubungkan ke smart TV yang bisa dipakai untuk memutar film, acara TV, dan streaming.

Multimedia yang Ditingkatkan

Mesin multimedia yang ditingkatkan kini mencakup decoding VP9 yang ideal untuk YouTube dan video web. Terbaru, DSP HiFi-5 yang khusus  menyediakan pemrosesan mikrofon audio berdaya sangat rendah, baik untuk interaksi konferensi video, atau bagi produsen perangkat untuk menyertakan asisten virtual.

BACA SELANJUTNYA

Perluas Wi-Fi 7 secara Mainstream, MediaTek Hadirkan Filogic Generasi Kedua